Cara Mengatasi Baterai Not Charging Saat 60% Pada Lenovo G41-35

Ilmu Informatika : Cara Mengatasi Baterai Not Charging Saat 60% Pada Lenovo G41-35.
mengatasi lenovo baterai plugged in not charging
Bagaimana sih cara mengatasi baterai laptop lenovo seri g41-35 atau mungkin seri lainnya saat posisi baterai 60% kok keterangannya “not charging” dan tidak bisa terisi sampai penuh. Pada kasus ini, admin sempat bingung setelah membelikan laptop sepupu yang terisi sistem operasi bawaan yaitu Windows 10. Awalnya sih gk ada yang aneh, karena saya pengguna windows 7 dan lagian sepupu juga masih pemula maka laptopnya saya instal ulang ke windows 7 juga. Meskipun ada permasalahan mengenai hardisk laptop yang berformat MBR-GPT mimin lupa maka harus di format dulu hardisknya, untungnya hardisk masih kosong hehe

Singkat cerita laptop telah berhasil terinstal, lanjut menginstal beberapa aplikasi yang biasa digunakan laptop masih pada posisi charging, akhirnya admin kaget ketika melihat keterangan 60% available (plugged in, not charging). Masa laptop baru beli baterai udah bocor, begitu keluhan yang sempet admin rasakan. Akhirnya setelah searching sana-sini ketemu permasalahannya deh kenapa laptop lenovo seri G-41 milik sepupu saya ini saat posisi 60% baterai tidak mau mengisi meskipun kondisinya tercolok sama daya listrik (plugged in, not charging). Ternyata ada aplikasi bawaan dari lenovo saat di windows 10 yaitu Lenovo One Key Optimizer yang berada pada opsi Conservation Mode.

Apa yang dimaksud dengan Conservation Mode?

Fitur Conservation Mode merupakan salah satu fitur baru pada lenovo yang menurut saya cukup berguna bagi laptop yang sering digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, misalnya dalam bermain game, desain, mengerjakan tugas atau lainnya. Cara kerja fitur ini adalah dengan cara mempertahankan posisi baterai pada level 60%, dengan begitu pengguna tidak perlu repot-repot mencabut charger saat baterai penuh kemudian men-charge kembali saat baterai di bawah 20%. Inget sob, saat posisi baterai 100% dan di lakukan pengisian terus-menerus tentunya akan mempercepat baterai laptop mengalami kebocoran, kalo cuma drop (cepat habis) masih untung ya, tapi kalo tiba-tiba mati mendadak bahkan laptop langsung mati saat tidak tersambung dengan charger.

Sudah saya buktikan sendiri antara pemakaian saya dengan teman-teman sekos bahkan kampus. Meskipun laptop usia 4 tahun baterai masih kuat 1 jam penggunaan (sering digunakan game, desain, nonton film atau kerjaan lainnya), beberapa teman diantaranya hanya bertahan 15 menit bahkan kurang dan beberapa diantaranya laptop seperti pc (tak bisa nyala tanpa charger).

Cara mengatasi baterai Lenovo G-41 tidak mengisi sampai penuh

Nah berikut ini adalah cara mengatasi laptop lenovo G-41 yang tidak mau mengisi baterai sampai penuh dengan kondisi baterai berada pada posisi 60% (plugged in, not charging). Bagi yang memakai windows 10 anda bisa membuka aplikasi Lenovo One Key Optimizer. Sedangkan yang menggunakan windows 7, 8, dan 8.1 atau yang tidak terdapat aplikasi ini anda bisa mendownload aplikasinya terlebih dahulu.

  1. Download Lenovo One Key Optimizer [download
  2. Instal aplikasi One Key Optimizer-nya sampai selesai kemudian restart laptop anda.
  3. Lihat gambar berikut. Ubah pilihan ke Normal Mode agar bisa mengisi baterai sampai penuh.
    mengatasi lenovo baterai plugged in not charging

Saran dari admin adalah untuk tetap menggunakan aplikasi tersebut agar penggunaan baterai bisa awet dalam jangka waktu yang panjang (bertahun-tahun), sebenarnya admin belum membuktikan sendiri karena aplikasi ini masih terbilang baru namun jika dilogika cukup masuk akal.

Kesimpulan dari artikel ini adalah mengenai cara mengatasi laptop Lenovo Serie G-41 atau Serie lainnya yang tidak dapat mengisi baterai secara penuh dengan indikator bertuliskan (plugged in, not charging) dikarenakan dalam Mode Conservation dan berada di posisi stabil antara 50% sampai 65% (sudah pasti). Admin juga pernah menjumpai laptop yang bertuliskan (plugged in, not charging) namun baterai hanya di posisi kurang dari 20% ini memang kemungkinan mengalami kebocoran atau coba lakukan kalibrasi pada baterai laptop anda.
[Link Download Lenovo One Key Optimizer]

Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi Baterai Not Charging Saat 60% Pada Lenovo G41-35. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.

0 Response to "Cara Mengatasi Baterai Not Charging Saat 60% Pada Lenovo G41-35"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.