Alat Pengaman Motor Menggunakan Kode Rahasia Lampu pada Motor

Ilmu Informatika : Alat Pengaman Motor Menggunakan Kode Rahasia Lampu pada Motor. Pada postingan ini saya akan membahas mengenai salah satu produk pengaman motor menggunakan sandi atau kunci rahasia menggunakan lampu dimana produk ini asli produk temuan dari teman kuliah saya dari UNNES meskipun berbeda jurusan selain itu juga mendapat apresiasi dan akhirnya produknya bisa dijual di pasaran.

Maraknya pencurian di lingkungan mahasiswa (bisa juga terjadi di semua lingkungan) baik di kost, kontrakan bahkan lingkungan kampus membuat resah sebagian besar mahasiswa terutama yang memiliki kendaraan bermotor. Pastinya bikin resah ya, dimana kebanyakan kendaraan adalah masih minjem bahkan minta dari orang tua dan tentunya harganya yang tidak murah kan sayang kalau dicuri. Akhirnya ditemukan sebuah alat yang berfungsi sebagai pengaman kendaraan bermotor menggunakan sandi pada lampu kendaraan yang dinamakan IC-Lock. Sandi atau kode yang dapat digunakan diantaranya : (a) lampu sein kiri maupun kanan, (b) rem, (c) klakson, (d) lampu dim, (e) indikator gigi, (f) dan lain-lain.

ic lock alat pengaman motor menggunakan sandi rahasia lampu
Gambar IC-Lock

Kelebihan IC-Lock Sebagai Alat Pengaman Motor

Terdapat banyak kelebihan dari produk ini diantaranya :
  1. Terbaru. Produk ini merupakan produk terbaru dimana belum pernah ada sebelumnya, tentunya hal yang sangat baru baru pencuri *eh. Bukan berpikir yang tidak-tidak ya, melainkan untuk antisipasi.
  2. Bisa digunakan untuk semua motor, baik injeksi maupun karbu selain itu pemasangannya juga sangat mudah dan aman serta tanpa memotong kabel satupun. 
  3. Tidak memerlukan daya aki (Accu). Sistem ini bekerja hanya disaat kunci pada posisi hidup (ON), dan saat posisi kunci mati (OFF) sistem akan otomatis terkunci dan disaat posisi mati alat ini tidak membutuhkan daya dari aki.
  4. Ada Saklar (tombol ON & OFF). Dengan adanya sakelar pengguna bisa sesuka hati mengaktifkan maupun menonaktifkan kinerja dari alat ini. Misalnya saat mau di servis atau sedang di pinjam teman. Tentunya sakelar harus berada di posisi yang tersembunyi dari orang yang awam ya.
  5. Customized. Kode atau sandi dapat diatur sesuai keinginan anda dan bisa diganti-ganti jika anda bosan dengan sandi sudah pernah anda set sebelumnya. 
  6. Autolock. Sistem akan mengunci secara otomatis saat kunci dalam posisi off. Tentunya gk ribet harus mencet tombol-tombol yang pake remot kan, apalagi jika remot di gantung di kunci & kuncinya masih tertinggal di kendaraan. Wohh bahaya banget, tapi alat ini sangat praktis.
  7. Garansi panjang. Dari pihak produsen sendiri berani memberikan garansi 13 bulan (lebih dari setahun) lho jika ada kesalahan sistem, dari pihak produsen langsung berani memberikan ganti tanpa proses yang ribet.

Cara Kerja IC-Lock Sebagai Alat Pengaman Motor

Berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai alat pengaman motor, misalnya : sandi yang pakai adalah sein kiri kemudian rem (berurutan) [menggunakan jenis 2L].
  • Saat motor dimatikan atau kunci dalam posisi off maka alat ini akan otomatis melakukan penguncian, dimana saat kunci dihidupkan motor tidak akan mau menyala meskipun menggunakan kick starter bahkan ganti busi sekalipun. Kecuali setelah kontak (ON) kemudian menyalakan sein kiri dan rem maka motor akan menyala saat di hidupkan.
  • Saat motor posisi mati (kemudian ditinggal) sistem terkunci. Namun alat ini tidak membutuhkan pasokan daya listrik dari aki, tentunya tidak akan membuat aki tekor ya. Karena alat ini akan bekerja saat alat dalam posisi (ON) saja.
  • Untuk sandi/kode sendiri anda dapat mengganti sesuai keinginan anda tanpa batas misalnya disaat sudah bosan dengan sandi yang itu-itu aja.

Cara Pasang IC-Lock sebagai Alat Pengaman Motor

Dalam pemasangan IC-Lock di kendaraan anda tidak perlu memotong kabel apapun (dari motor). Ada berbagai jenis dari ic-lock yang dibedakan berdasarkan jumlah kodenya.

Jenis Seri/Type IC-Lock : 

  • Jenis 1L : Untuk 1 kode lampu.
  • Jenis 2L : Untuk 2 kode lampu dihidupkan secara berurutan.
  • Jenis 2B : Untuk 2 kode dihidupkan secara bersamaan.
  • Jenis 3L : Untuk 3 kode dihidupkan secara berurutan.

Berikut ini adalah skema pemasangan IC-Lock,

Langkah 1 (Kabel Hitam)
ic lock alat pengaman motor menggunakan sandi rahasia lampu

Pada kabel hitam IC-Lock dihubungkan ke kabel negatif aki atau kabel negatif sein. Bisa dengan cara di sisipkan ke sela-sela sambungan, yang terpenting sudah dipastikan kabel sudah tersambung dengan benar. Kabel negatif tiap motor memiliki warna yang berbeda-beda misalnya pada honda kabel negatif berwarna hijau tua. (Lihat tabel di bawah).

Langkah 2 (Kabel Biru)

Kabel biru ini disambungkan pada output kontak yang menghubungkan ke kelistrikan. Pemasangannya juga hanya di sisipkan, yg terpenting sudah dipastikan tersambung secara benar.

Langkah 3 (Kabel Kuning)

Kabel kuning ini merupakan kabel yang disambungkan dengan lampu yang akan di jadikan kode, misalnya sama sambungkan dengan lampu sein kiri dimana kabel sein kiri berwarna orange [honda]. Untuk jenis 1L hanya memiliki 1 kabel saja untuk kode yaitu berwarna kuning. Untuk 2L & 3L kabel untuk kode kedua berwarna cokelat. Untuk 3L kabel untuk kode ketiga berwarna pink. Sedangkan untuk 3B terdapat 2 kabel kuning karena kode lampu dinyalakan secara bersamaan.

Langkah 4 (Kabel Putih)
ic lock alat pengaman motor menggunakan sandi rahasia lampu

Untuk kabel putih dihubungkan secara seri ke kabel engine stop atau standar samping atau ke coil. Jujur saja saya gk tau bagian yang mana, saya lihat di panduan adalah yang ditunjukkan pada gambar “Sebelum” kemudian kabel yang biru tersebut saya lepas (awalnya tersambung) dan saya hubungkan satu-satu dengan kabel putih seperti gambar “Sesudah”. Kabel putih tersebut meskipun terbalik akan tetap berfungsi dengan baik. ** Saya juga mencoba ke kabel yg kuning dibawahnya namun gagal.

Tabel Warna Kabel pada Motor

Berikut ini adalah tabel warna kendaraan motor berdasarkan pabrikan.


Demikian artikel mengenai Alat Pengaman Motor Menggunakan Kode Rahasia Lampu pada Motor. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Alat Pengaman Motor Menggunakan Kode Rahasia Lampu pada Motor"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...