Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi Pada BIOS

Ilmu Informatika : Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi Pada BIOS .
Pada postingan berikut admin akan berbagi sedikit pengalaman lucu yaitu mengenai flashdisk yang tidak terdeteksi di bios saat akan melakukan instalasi OS (Instal Ulang) menggunakan flashdisk. Sebenernya ini adalah hal sangat sepele namun cukup membuat admin kebingungan dibuatnya. Padahal lumayan sering admin menginstal OS di laptop sendiri maupun laptop orang lain dan permasalahan juga jarang ditemukan, Namun saat instal laptop teman yang satu ini yaitu bermerk samsung entah serinya berapa admin mengalami masalah bios yang tidak mendeteksi keberadaan flashdisk (USB FDD) bahkan harddisk eksternal (USB HDD) juga tidak dikenalinya. Sampai mencoba berbagai usaha seperti menggunakan software Rufus, Universal USB Installer, maupun Mengganti beberapa sistem operasi namun hasilnya tetap sama yaitu tetap saja flashdisk tidak terdeteksi pada bios.

Akhirnya setelah sekian lama melakukan percobaan akhirnya menemukan solusinya yaitu pada pengaturan bios dengan memilih disable pada Fast Boot Mode. Disitu tertulis ‘Enabled’ means POST time is reduced. ‘Disabled’ means POST time is not reduced. Legacy USB is supported (kotak kuning).


Bisa diartikan sendiri di google ya, intinya jika Fast Boot Mode diaktifkan maka proses booting akan berlangsung secara cepat dan ada beberapa proses yang dihilangkan (dikurangi), Sedangkan jika Fast Boot Mode di nonaktifkan maka proses booting akan berlangsung secara normal (sedikit lebih lama) namun usb akan compatible.

Cara Disable Fast Boot Mode (Agar USB Terdeteksi Pada BIOS)

Berikut langkah-langkah agar BIOS bisa mendeteksi USB dengan cara mendisable fast boot mode.
  1. Saat booting tekan tombol untuk masuk ke pengaturan BIOS, biasanya tombol F2, F12, atau bisa juga tombol yang lain, beda merk dan seri laptop tombolnya juga kemungkinan berbeda (Umumnya F2).
  2. Pilih menu Advanced 
  3. Fast BIOS Mode dari Enabled dirubah menjadi Disabled 
  4. Kemudian Save lalu Exit (Tekan F10 kemudian Enter)

Setelah pengaturan tadi berhasil dilakukan, silahkan setting pada Boot Priority, urutkan USB Flashdisk menjadi urutan teratas atau pertama agar bisa booting menggunakan Flashdisk. Setelah melakukan pengaturan Fast Boot di BIOS, USB Flashdisk sudah terdeteksi pada BIOS.
Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi Pada BIOS . Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi Pada BIOS "

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...