Cara Menghapus / Uninstal Aplikasi Bawaan (Bloatware) pada Android

Ilmu Informatika : Cara Menghapus / Uninstal Aplikasi Bawaan (Bloatware) pada Android. Smartphone memiliki banyak aplikasi bawaan atau yang sering disebut dengan bloatware baik itu aplikasi bawaan dari Google maupun pengembang android tiap brand (Samsung, Sony, Xiaomi, Asus, Lenovo, dll).
Baca juga : Sejarah awal mula sistem operasi android.

Namun kebanyakan dari bloatware tersebut kurang berguna bahkan dirasa mengganggu bagi pemakainya, kebanyakan hanya di disable. Tapi ruang penyimpanan juga pastinya masih terpakai, kan sayang kalo memori internal terpakai buat menyimpan aplikasi yang tidak terpakai. Nah berikut ulasan mengenai cara menghapus atau uninstall aplikasi bawaan android.

 

Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Sistem Android

1. Root Android
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah me-root android anda, agar anda bisa memiliki akses penuh terhadap file, aplikasi bahkan perintah ke android anda.
Baca juga
Cara root xiaomi redmi note
Cara root zenfone 2 laser ze500kg/ze500kl

2. Download & Install Aplikasi System App Remover
Jika sudah selesai melakukan rooting pada android atau android sudah dalam posisi root, selanjutnya adalah download dan install aplikasi System App Remover. [ PlayStore ] - [ Mirror ]

3. Ijinkan Akses Root
Buka aplikasi System App Remover yang telah terinstall tadi dan jika muncul pop-up dari SuperSU meminta akses root silahkan pilih Ijinkan / Grant

4. Hapus Aplikasi Bawaan
Setelah mendapatkan akses root, silahkan hapus aplikasi yang tidak diinginkan.
  • Centang / ceklist aplikasi yang akan dihapus bisa beberapa sekaligus. Disitu terlihat jumlah total konsumsi memori dari aplikasi yang akan dihapus. Setelah di pilih beberapa kemudian pilih Uninstall / Cabut pemasangan.
  • Pilih Yes /Ya untuk konfirmasi penghapusan aplikasi.
  • Tunggu proses uninstall / penghapusan aplikasi selesai.

5. Buka Recycle bin
Kebanyakan orang-orang hanya sampai langkah 4, memang sih aplikasi sudah terhapus tapi masih ada di recycle bin jadi ya masih tersimpan pada memori internal. Jadi jika ingin benar-benar menghapus aplikasi harus sampai bersih atau tuntas ya.
Pilih Aplikasi Sistem -> kemudian pilih Recycle bin (Lihat gambar)


6. Hapus Permanen
Pilih aplikasi yang telah teruninstall bisa pilih semua untuk di hapus secara permanen.
a. Centang / ceklist semua aplikasi kemudian pilih hapus.
b. Pilih Yes / Ya untuk konfirmasi penghapusan aplikasi.
Demikian artikel mengenai Cara Menghapus / Uninstal Aplikasi Bawaan (Bloatware) pada Android. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

2 Responses to "Cara Menghapus / Uninstal Aplikasi Bawaan (Bloatware) pada Android"

  1. Apa yang menyebabkan kegagalan dalam mencabut pemasangan APK? Saya ingin menghapus aplikasi sistem EmailService, namun tidak berhasil. Android sudah di-root, aplikasi yang saya gunakan juga System App Safe Remover untuk mencabut pemasangan. Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beri akses root pada aplikasi System App Safe Remove Dulu.

      Delete

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...