Puisi Berantai (Perpisahan PPL Unnes) SMPN 11 Magelang

Ilmu Informatika : Puisi Berantai (Perpisahan PPL Unnes) SMPN 11 Magelang. Pada postingan kali ini isrulCom akan sedikit keluar dari topik utama blog, yaitu mengenai puisi berantai.

Apa sih puisi berantai itu?

Menurut admin, puisi berantai merupakan suatu penyambungan puisi yang berbeda topik atau materinya dimana tiap potongan kata yang disambung akan menghasilkan sebuah kejadian/peristiwa baru yang tidak diduga sebelumnya hingga dapat menghasilkan sesuatu yang bisa dibilang "lucu".
Admin juga sebenarnya masih bingung apakah ini dinamakan puisi berantai atau pidato berantai, karena tiap artikel atau materi yang dibawakan lebih ke arah cerita atau pidato dengan nada pembawaan seperti puisi.

Admin berbagi sedikit pengalaman karena admin sedang baper hahaha... teringat suasana PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di SMPN 11 Magelang.
Jadi pada perpisahan PPL Unnes tahun 2015 di SMPN 11 Magelang ada acara pentas seni tuh, karena beripikir ketimbang gak nampilin apa-apa, admin usul sesuatu nylonong gitu aja gak kepikiran kedepannya. :-D Admin mengusulkan adanya sisipan pentas puisi berantai ini, eh udah nyari materi - suruh nampilin hasil materinya - eh malah sekalian jadi salah satu dari tiga tersangka yang tampil -__- kan admin pemalu. :-O
Tentunya bagi pribadi maupun bersama-sama (kelompok PPL) ingin memberikan sesuatu yang mungkin bisa dikenang, tentunya sebuah kebaikan ya bukannya hal yang buruk. Kebetulan waktu itu mendapat materi yang isinya sedikit agak dewasa namun memiliki sisi komedi yang bakal pecah dahsyat.
Karena takut bakal terjadi apa-apa (Misal nilai PPL bakal dapat E & harus ngulang gara-gara nampilin sesuatu yang senonoh) kan repot juga. :D Sampai harus melakukan beberapa tahap seleksi agar bisa aman.
1. Mencoba ditampilkan di depan teman-teman PPL
Wah ternyata jauh dari ekspektasi, pada berpikiran ngeres semuanya. Ketawanya sampai gak terkrontrol. hahaha #JustKid
2. Konsultasi materi
Karena memiliki rasa takut jika terjadi kenapa-napa akhirnya kami (Mahasiswa PPL) putuskan untuk berkonsultasi ke temen-temen dari bahasa Indonesia dulu, sampai ke koordinator guru pamong cuma buat meriksa kata-kata yang agak ngeres tadi. :D Namun diluar dugaan, koordinator guru pamong menyetujui pentas puisi berantai tersebut "WOW" dengan beberapa kata yang direvisi.
3. Revisi
Dalam revisipun semua mahasiswa ikut berperan dalam menentukan revisi tiap bait agar tetap nyambung & tentunya tetap lucu. Dan singkat cerita sudah siap untuk dipentaskan.


Nah pada saat yang ditunggu-tunggu sampai juga di saat pementasan. Disaksikan oleh semua guru, karyawan, siswa-siswi bahkan koordinator dosen juga hadir. Kebayang gak tuh kalo sampai fatal bisa dapet nilai E kan. :-( Sempet grogi dan takut di awal-awal akhirnya bisa pecah juga mulai pertengahan, bahkan ya guru-guru dan dosen juga ketawanya ngakak. :D (Jarang-jarang kan lihat guru atau dosen ketawa sampai terbahak-bahak). Alhamdulillah lancar dan mendapat apresiasi. hehe

Berikut adalah teks puisi berantai tersebut.

Teks ini bersumber dari SMA 1 Gayer (dari youtube https://www.youtube.com/watch?v=JbU3B1-D4AE) yang kemudian di revisi oleh tim PPL UNNES 2015 (SMPN 11 Magelang).
Teks puisi berantai :
Tukang Bangunan
Dalam hamparan tanah yang kosong,
Kubangun sebuah bangunan sekolah,
Untuk kujadikan tempat masa depan...


Pecinta Burung
Burungku...
Dia lucu sekali,
Setiap pagi kuberi makan,
Dan setiap pagi pula kusiuli dengan...


Cewek Kasmaran
Helm pacarku...
Turun dari motor dan dibuka helmnya.
Kepala plontos bagaikan ahmad dhani..
Dan body-nya kekar seperti...


Tukang Bangunan
Cangkul...
Linggis, Martil, dan cetok
Adalah alat bangunan untuk...


Pecinta Burung
Sangkar burungku...
Sudah jelek sekali,
Dan akan kuganti dengan yang baru,
Sehingga kuperlukan besi dan seng untuk... 


Cewek Kasmaran
Calon mertuaku...
Pekerjaannya marah-marah
Setiap pagi minum kopi
Dan sarapannya...


Tukang Bangunan
Pasir...
Semen kucampur dengan air
Terus aku aduk, untuk memoles...


Pecinta Burung
Bulu burungku..
Sangat indah...sekali
Sehingga banyak orang terpesona
Dan seringkali ku elus-elus...


Cewek Kasmaran
Hidung pacarku.
Mancung seperti pinokio.
Lesung pipinya menambah ketampanannya,
Sehingga aku berat untuk...


Tukang Bangunan
Meneplok...
adukan pasir, semen yang telah tersedia,
Dan jadilah bangunan gedung untuk...


Pecinta Burung
Burungku...
Sangat indah dan lucu
Dan akhirnya terbang ke...


Cewek Kasmaran
Mata pacarku... sakit
Karena kemarin terkena...


Tukang Bangunan
Tiang besi...
Yang kurangkai sa...ngat panjang, sepanjang...


Pecinta Burung
Burungku...
Warnanya sangat indah, seindah...


Cewek Kasmaran
Mata pacarku, yang bundar seperti...

Tukang Bangunan
Ban truk bosku...
yang kempes, karena tertusuk...


Pecinta Burung
Burungku...
Lepas lagi dari sangkarnya.
Aku sedih sekali,
Ingin aku menangis,
Oh, burung...


Cewek Kasmaran
Bapakku,
Orangnya sangat bijaksana.
Dia selalu baik padaku,
Sehingga dalam ulang tahunnya nanti,
Aku ingin memberinya kado...


Tukang Bangunan
Dua karung semen...
Yang sudah kuaduk, tapi sudah lelah,
Karena dari pagi, aku belum makan...


Pecinta Burung
Kroto.
Belalang, ulet,
Itulah makanan burungku.
Dan kuberi sedikit vitamin C.
Agar cepat...


Cewek Kasmaran
Mati, aku...
Ketika melihat pacarku bergandengan tangan dengan...


Tukang Bangunan
Batako...
Kutumpuk disamping rumahku
Sehingga aku lelah...


Pecinta Burung
Mengejar burungku..
Yang terlepas, dari sangkar...


Cewek Kasmaran
Pacarku...
Aku semakin cinta padanya,
Karena kemarin dia datang kerumah,
Membawa oleh-oleh...


Tukang Bangunan
Besi dan batu.
Akan kubuat sebagai pelindung...


Pecinta Burung
Burungku...
Akhirnya tertangkap juga.
Ternyata tersangkut pada...


Cewek Kasmaran
Sepatu pacarku... 
Warnanya hitam menyilaukan,
seperti...


Pecinta Burung
Sangkar burungku...
Kini telah berpenghuni kembali,
Aku senang melihat burung-burungku yang riang...


Cewek Kasmaran
Bersama kita menyanyikan

Oh burung,..nyanyikanlah...
Katakan padanya aku rindu...
Mohon maaf jika anda ingin mendapatkannya dapat mengunjungi halaman ini Mediafire.

Salam jika kalian nggak sengaja membuka postingan ini :
Guru-guru SMPN 11 Magelang
Karyawan SMPN 11 Magelang
Pak Ryan dan Bu Felly sebagai guru pamong mapel TIK
Ibu nur yang deket sama anak-anak PPL
Ibu-ibu kantin dan pak kantin :-D Spesial Bu Is & Pak Totok
Temen-temen PPL
  1. Tira Antika Putri (B. Jawa)
  2. Atiya Rohmah (B. Jawa)
  3. Yuni Puspita Sari (B. Indonesia)
  4. Monalica Cyntia D (B.Indonesia)
  5. Ririn Wiranti (B. Inggris)
  6. Kamila Nurul I (B. Inggris)
  7. Pratiti Ade K (Seni Tari)
  8. Lailatul Fitria (Seni Tari)
  9. Bayu Barokah (PKn)
  10. Davit Dwi S (PKn)
  11. Pilar Sanggabuana (Sejarah)
  12. Ithfa Harum (Sejarah)
  13. Isnainatu Ulfah (Pend IPA)
  14. Natalia Dewi S (Pend IPA)
  15. M Khoirul M (Pend TIK)
  16. Rizky Dwi P.U (Pend TIK)
  17. Nanang S (PKLO)
  18. Lukman A (PKLO)
  19. Danu Rivanda (PKLO)
  20. Dian (PKLO)
Terimakasih atas pengalaman dan kenangan indahnya, mohon maaf jika yang kami berikan tidak sebaik yang dibayangkan sebelumnya.
Sampai jumpa kota sejuta bunga #Magelang :-)

Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan nama.

Jangan lupa tonton videonya (mohon maaf kamera dan editing seadanya) hehe
https://www.youtube.com/watch?v=pGKkGIISWYk
Demikian artikel mengenai Puisi Berantai (Perpisahan PPL Unnes) SMPN 11 Magelang. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Puisi Berantai (Perpisahan PPL Unnes) SMPN 11 Magelang"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...