Bagaimanakah Seorang Blogger Menghasilkan Uang dari Blog Mereka?

Ilmu Informatika : Bagaimanakah Seorang Blogger Menghasilkan Uang dari Blog Mereka?. Seringkali sebuah pertanyaan sering dilontarkan kepada seorang blogger mengenai cara mereka mendapatkan uang dari blog mereka. Blogger saat sekarang ini tidak hanya menjadi sebuah hobi namun ada juga yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama dimana tiap hari kerjaannya didepan komputer kemudian membuat artikel, dll. Yang orang lain lihat memang sesimpel itu, yang blogger kerjaan juga sesimpel itu karena memang sudah terbiasa dengan rutinitasnya.
Tidak sedikit seorang blogger yang sukses dan mendapatkan pemasukan tiap bulan bahkan bisa dibilang membawa perekonomian yang baik dikeluarganya, dan banyak juga yang gagal di tengah jalan karena patah semangat yang sudah lama bekerja masih belum bisa juga menghasilkan uang dari hasil blog mereka.
Trafik merupakan salah satu hal yang bisa dibilang menjadi kunci blog akan memiliki penghasilan dimana Trafik = $$ bisa dibilang No traffic = no $$ (kecuali jika anda menggunakan cara-cara curang atau cara yang tidak benar)

1. Mengikuti Program Affiliasi

Affiliasi akan sangat cocok diterapkan pada blog-blog yang memiliki niche khusus sehigga dalam pemasaran memiliki kemungkinan besar produk terjual.

Gimana sih konsepnya?

Anda bisa menggunakan affiliasi amazon, lazada, atau lainnya. Setelah anda terdaftar anda silahkan pilih kira-kira produk apa yang akan anda jual, anda dapat memililih misalnya tentang gadget, komputer, buku, elektronik, dll kemudian anda pasang pada blog anda dan tunggu jika ada pengunjung yang membeli melalui link di blog anda anda akan mendapatkan komisinya. Lumayan yang didapat memang, namun juga tak mudah terlebih kita harus memeiliki konten yang berkualitas agar memiliki manfaat kepada pengunjung tidak hanya sekedar share produk doang.

2. Iklan

Iklan merupakan yang paling banyak digunakan oleh blogger. Bisa iklan individual maupun iklan dengan sistem bayaran perklik atau perseribu tampilan.
  • Iklan individu
    anda dapat memanfaatkan slot atau ruang kosong pada blog anda dipasang iklan oleh seseorang yang minat memasarkan produknya pada blog anda. Ini memiliki bayaran yang pasti misalnya perbulan dapat anda patok dengan harga puluhan, ratusan bahkan jutaan rupiah. Sangat menggiurkan memang ya.
  • Jaringan periklanan
    Saat ini banyak sekali periklanan online yang dapat dimanfaatkan oleh seorang blogger seperti CPM dan CPC. Untuk CPM anda akan mendapat bayaran di tiap seribu tayangan blog anda dengan minimal pembayaran sesuai dengan yang telah disepakati, contoh dari program ini misalnya Popcash, Popads, Yllix, dll. Kemudian untuk PPC sendiri anda akan mendapat bayaran tiap ada pengunjung yang membuka (klik) link iklan di blog anda, dan bayaran dapat anda terima setelah melampaui batas minimal pendapatan, contoh dari program ini adalah Adsense, Kliksaya, dll.
    Banyak blog atau website yang memanfaatkan iklan ini sebagai alat untuk mendapatkan pundi-pundi uang sebagai sumber penghasilan utama baik dari web kecil sampai web sekelas paus seperti detik.com, kaskus.co.id, kompas.com, dll.

3. Menjual jasa dan produk sendiri

Jarang dilakukan oleh kebanyakan blogger karena kebanyakan dari mereka lebih suka untuk fokus mengurus blog atau bisnis di dunia online (dunia maya). Seperti pada sidebar web saya ini terdapat contoh pemasaran produk sendiri yaitu Perlengkapan Hidroponik, Jasa Verifikasi Paypal, Jasa Penulisan Artikel, dll.
Memasarkan produk orang lain saja bisa, masa produk sendiri tidak bisa? Seperti itulah gambaran dan tantangan yang ingin saya gapai. Sementara ini meskipun hanya sedikit tapi lumayan untuk sekelas pemula.

4.Menjadi penulis

Tahukan anda bahwa jika anda menjadi seorang blogger secara tidak langsung anda akan menjadi seseorang yang suka menulis? Namun banyak juga kok blogger yang memiliki kesibukan di dunia nyata yang menjadikannya tidak sempat membuat artikel di blognya. Dengan memiliki skill menulis yang bagus yang anda terapkan pada blog anda, anda memiliki sebuah bekal yang cukup untuk persaingan. Anda dapat menawari jasa sebagai penulis tamu atau menjual artikel anda ke blogger-blogger tersebut.

5. Membuat blog untuk dijual

Banyak juga lho yang membangun blog untuk kemudian dijual lagi. Biasanya ini dikarenakan memiliki banyak blog atau sedang membutuhkan keperluan yang mendesak. Blog baru memang jika dijual sangat murah meskipun memiliki jumlah artikel yang sangat banyak. Beda halnya jika sebuah blog atau website yang memiliki umur dan sudah mendatangkan penghasilan. Maka harganya pun bisa jutaan bahkan milyaran tergantung dari tingkat pendapatan yang di dapat oleh blog tersebut.

Kesimpulan
Pada umumnya, sebelum anda memikirkan $$ (uang) yang anda dapatkan melalui blog anda, sebaiknya anda memikirkan dan berusaha terus dalam mendatangkan pengunjung ke blog anda. Semakin banyak trafik pada blog anda, maka kesempatan bagi anda untuk mendapatkan pemasukan $$ semakin besar. Dengan memiliki banyak trafik, anda tidak akan bingung untuk mendatangkan pemasukan, dengan berbagai metode diatas dapat dicoba mana yang cocok dan menjadi penghasilan yang paling menguntungkan (hindari nomer 5 ya).
Demikian artikel mengenai Bagaimanakah Seorang Blogger Menghasilkan Uang dari Blog Mereka?. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

2 Responses to "Bagaimanakah Seorang Blogger Menghasilkan Uang dari Blog Mereka?"

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...