Waroeng Hidroponik || Menyediakan Kebutuhan Hidroponik

Ilmu Informatika : Waroeng Hidroponik || Menyediakan Kebutuhan Hidroponik. Hidroponik Jepara atau jeparahidroponik.com, merupakan website yang bergerak dibidang palayanan atau jasa, penyediaan kebutuhan hidroponik dan informasi mengenai hidroponik. Tujuan dari website ini adalah kami ingin memiliki komunitas hidroponik di daerah Jepara.
Saat ini hidroponik sangat marak diperbincangkan di media online bahkan seringkali diadakannya workshop. Bisa dibilang hidroponik sekarang ini cukup populer dan sangat di gemari oleh masyarakat karena memiliki kelebihan dibanding dengan tanaman yang di tanam di tanah atau sawah.
http://www.jeparahidroponik.id/

Kelebihan menanam hidroponik

Adapun beberapa kelebihan dibanding dengan tanaman yang ditanam secara konvensional.
  1. Penanaman Mudah
    Pada hidroponik kita tidak perlu mencangkul lahan untuk penanaman, tinggal menyemai bibit di media tanam dan memindahkannya saat telah berumur beberapa hari ke media hidroponik.
  2. Pemantauan Tanaman Mudah dilakukan
    Selama menanam kita juga jangan sampai lepas tangan jika ingin mendapatkan hasil yang optimal. Maka kita harus memantau perkembangan tanaman baik dalam hal pemberian nutrisi maupun menjaga keseimbangan pH, selain itu kita juga harus membasmi hama karena tanaman adalah makanan empuk bagi ulat, maka kita harus membuang ulat jika terdapat ulat pada tanaman (misalnya daun yang berlubang) untuk mengantisipasi hama menyebar di tanaman yang lain.
  3. Hasil Panen Optimal
    Dapat dikatakan hampir 90% lebih tanaman akan bisa dipanen dengan kondisi yang sangat wow, kecuali termakan hama dan/ atau tidak tumbuh saat penyemaian.
  4. Hemat Lahan
    Kita tidak perlu membutuhkan lahan yang sangat luas untuk menanam tanaman karena hidroponik ini sangat hemat lahan, karena terdapat puluhan bahkan ratusan desain hidroponik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta lahan anda. Sangat cocok bagi yang hobi bertani namun tidak memiliki lahan.
  5. Taman Rumah
    Ternyata hidroponik juga mampu menjadi taman di rumah, mampu membuat tampilan lebih indah karena banyak hijau-hijau di rumah entah di teras, di pelataran atau bahkan di atap rumah
    #Eh :)

Kelemahan menanam secara hidroponik

Selain memiliki kelebihan, sistem hidroponik juga memiliki kekurangan. Diantaranya:
  1. Modal Awal
    Untuk memulai penanaman ini sedikitnya memerlukan modal yang tidak sedikit. Minimal 100rb untuk memulai kecil-kecilan dan untuk kit (paket hidroponik) yang terdiri dari media hidroponik dan perlengkapannya memerlukan sedikitnya 500.000 - 2.000.000. Namun tentunya sangat murah jika dibandingkan harus menyewa lahan untuk menanam atau bahkan membeli lahan. Sangat hemat bukan?
  2. Media Tanam
    Ada banyak media tanam yang digunakan misalnya kapas, sekam bakar, rockwool, dll. Dalam kasus ini yang saya bicarakan adalah mengenai rockwool. Rockwool hanya dapat digunakan untuk sekali tanam jadi setiap panen kita harus menggunakan rockwool yang baru untuk tanaman yang baru. Harga 1 slab rockwool bervariasi dari 60.000 sampai 90.000 tergantung penjualnya karena kebanyakan adalah reseller. Namun 1 slab ini dapat digunakan untuk sekitar 600 lubang tanam. jadi untuk setiap lubang tanam kira-kira kita membutuhkan rockwool seharga 60-100 rupiaj. Murah kan?
  3. Ketelitian
    Kita juga harus teliti dalam merawat tanaman, terlebih untuk skala besar. Kita harus memperhitungkan nutrisi yang diberikan dan menjaga keseimbangan pH air. Namun sudah terdapat alat yang digunakan untuk menghitung kandungan nutrisi dengan satuan ppm yaitu TDS/EC Meter dan pH Meter untuk mengukur pH. Untuk skala kecil kita dapat membuat hitung-hitungan yang relatif mudah seperti untuk sekian liter air kita harus memberikan sekian mL (mili liter) nutrisi & untuk pH masih dalam tingkatan wajar.
  4. Jenis Tanaman
    Jenis tanaman yang dapat digunakan juga sangat terbatas yaitu hanya sayur dan beberapa buah-buahan saja. Untuk umbi-umbian tidak bisa dilakukan apalagi pohon. Namun untuk sayur sendiri "mungkin" hampir semua dapat ditanam menggunakan sistem hidroponik baik sayur, maupun sayur batang daun maupun sayur buah. Dan untuk buah-buahan sendiri misalnya adalah anggur, melon, semangka.
  5. Tanaman Sehat
    Anda yakin sayur yang anda beli di pasar atau supermarket sehat? Yakin? :)
    Dengan menanam sayur sendiri tentunya akan lebih sehat karena anda sendiri yang menanam, anda sendiri yang merawat, dan anda sendiri pula yang memanen. Dapat dipastikan tanaman yang anda konsumsi bebas dari pestisida (Kecuali anda sengaja memberinya pestisida -__- )
Kami Hidroponik Jepara menyediakan keperluan untuk hidroponik anda, dari
1. Kit Hidroponik (Harga lebih murah silahkan di bandingkan dengan toko lain, namun kualitas yang kami gunakan tetap sama).
2. Alat dan bahan hidroponik, yang meliputi:
  • TDS/EC Meter
  • PH Meter
  • Rockwool
  • Netpot
  • Nutrisi
  • dll
Adapun lokasi kami berada di desa Kalipucangkulon RT.03/III, Welahan, Kabupaten Jepara.
Untuk penjualan kami bahkan siap mengantarkan untuk daerah Jepara, Kudus, Demak dan Pati.

* Untuk selain kota tersebut kami siap untuk menggunakan jasa ekspedisi JNE. Silahkan menghubungi kontak pada website kami untuk info lebih lanjut.
Demikian artikel mengenai Waroeng Hidroponik || Menyediakan Kebutuhan Hidroponik. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Waroeng Hidroponik || Menyediakan Kebutuhan Hidroponik"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...