Cara Root dan Unroot Xiaomi Redmi Note Tanpa Menggunakan Komputer

Ilmu Informatika : Cara Root dan Unroot Xiaomi Redmi Note Tanpa Menggunakan Komputer. Root merupakan suatu akun sistem yang memiliki kekuasaan mutlak, yang berguna untuk mengakses dan mengeksekusi semua berkas, perintah, dan sistem dalam sistem operasi berbasis Linux (termasuk Android). Intinya, root memiliki akses tanpa batas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada di dalam sistem Android.

Fungsi dari rooting itu sendiri adalah untuk memberikan hak penuh kepada user Android agar dapat masuk ke dalam sistem Android. Dengan melakukan root, user dapat menambah, mengurangi (menghapus) maupun memodifikasi (merubah) file atau data-data yang terletak pada sistem Android, dimana dalam keadaan standar (belum root) berkas tersebut tidak dapat diakses. Fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna seperti dalam sistem komputer Windows ataupun Linux.
Kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan android yang di root

Adapun kelebihan perangkat Android yang telah di root :
1. User dapat melakukan akses pada sistem android tanpa batas.
2. User dapat menghapus aplikasi bawaan handphone (Alasan ini adalah yang banyak digunakan karena banyak aplikasi yang kurang berguna bagi user dan di anggap memenuhi memori).
3. User dapat melakukan backup secara langsung, dan jika terjadi sesuatu tinggal resotre dengan mudah.

Kekurangan android yang di root

Selain ada kelebihan dari melakukan root, juga terdapat kekurangan terhadap perangkat Android yang telah di root:
1. Garansi perangkat hilang. Karena dengan melakukan root, pengguna dianggap telah melakukan modifikasi sistem sehingga pihak vendor tidak mau bertanggungjawab jika terjadi kerusakan terhadap android tersebut.
2. Rentan terhadap virus dan perangkat perusak (malware).

nb: Untuk xiaomi, garansi tidak akan hangus jika melakukan rooting, mungkin karena pihak vendor sangat menghargai para developer haha... Karena memang benar jika grup atau forum online yang bertebaran sangat ramai yang membahas mengenai pengembangan ini itu, dan beda dibanding dengan forum lainnya (silahkan dibuktikan).
Dari pihak vendor sendiri mengatakan "Silahkan berkreasi dengan xiaomi anda, termasuk mengubah ROM anda, Dan buktikan anda akan kembali lagi ke MIUI (Xiaomi User Interface)". Dan telah admin buktikan sendiri, hal tersebut benar, sekarang admin menggunakan ZenUI (Zenfone User Interface) dan kangen terhadap MIUI hahaha...

Cara root dan unroot xiaomi redmi note

Oke langsung saja, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial untuk melakukan root terhadap xiaomi redmi note 3g.
1. Pertama, anda download dulu file yang dibutuhkan untuk melakukan root dan unroot. Bisa anda download menggunakan PC atau langsung di Redmi Note anda secara langsung.
root : download file
unroot : download file

2. Pindahkan pindahkan file yang telah didownload ke SD Card (Eksternal) di luar folder
3. Pastikan baterai minimal 50% atau bisa sambil di isi. (Cuma 10 menit)
4. Cari ikon pembaruan atau updater

5. Pilih tombol kiri (Opsi/Menu) dan pilih Select Installation file / Select update package.

6. Pilih file yang telah anda download tadi, RedMiNote_root.zip untuk melakukan root, dan UNROOT_rel.zip untuk unroot. Tunggulah proses instalasi hingga selesai hingga restart atau reboot secara otomatis.

7. Setelah restart otomatis, pilihlah ikon Security atau Keamanan -> Perizinan -> Perizinan root.


Proses root telah berhasil dilakukan, untuk melakukan unroot sama saja, hanya perbedaan pada langkah ke 6 yaitu pemilihan file yang di pilih adalah UNROOT_rel.zip.
Resiko ditanggung sendiri :-)
Demikian artikel mengenai Cara Root dan Unroot Xiaomi Redmi Note Tanpa Menggunakan Komputer. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

2 Responses to "Cara Root dan Unroot Xiaomi Redmi Note Tanpa Menggunakan Komputer"

  1. Gan kok ane gabisa root sih
    Bacaannya Failed
    Kenapa ya gann

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini untuk v5 gan. Mungkin untuk v6 atau v7 caranya beda

      Delete

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...