Cara Cek Keaslian Smartphone Xiaomi

Ilmu Informatika : Cara Cek Keaslian Smartphone Xiaomi.
Xiaomi merupakan salah satu brand Smartphone yang banyak diminati akhir-akhir ini karena memiliki kualitas yang unggul seperti CPU, RAM, dan yang menjadi unggulan adalah segi kualitas Kamera tentunya dengan harga yang relatif terjangkau. Perusahaan mobile asal Tiongkok ini menjadi saingan serius bagi Samsung dan Apple dalam beberapa tahun terakhir ini.

Xiaomi merupakan Smartphone produk china, namun jangan salah, jangan menyamakan xiaomi dengan produk KW atau replika ya guys, tentunya sudah berbeda kualitasnya.
Sebelumnya kita akan membahas sedikit mengenai barang china yang ada palsunya (lucu kan? haha). "Kenapa xiaomi ada barang palsunya"?
menurut pengamatan beberapa orang mengenai xiaomi, di Indonesia Xiaomi bekerja sama dengan Lazada dalam pemasaran produknya atau yang lebih dikenal dengan flash sale. Dengan adanya kerjasama ini membuat harga jual Xiaomi tidak terlalu mahal (karena harga langsung dari prabikannya), namun banyaknya peminat membuat flash sale tidak berjalan dengan optimal. Banyak orang yang tidak kebagian dan akhirnya lebih memilih untuk membeli xiaomi dari distributor lain, baik distributor resmi maupun asal-asalan.
Nah dari sinilah produk-produk palsu tersebut bermunculan. Ibarat kata, "Sudah Hp China kok masih di palsukan". Kembali lagi, tentunya kualitas barang palsu dengan xiaomi yang asli pastinya berbeda ya guys.

Maka untuk menanggulangi masalah tersebut, Xiaomi mengeluarkan sebuah aplikasi yang bernama Xiaomi Anti-Fake (MiPhone Anti-Fake identificator) yang saat ini kompatibel untuk Mi1, Mi2, Mi3, Mi4, Redmi, Redmi 1S, Redmi Note (yang belum tercantum mungkin belum kompatibel).

Cek keaslian android melalui IMEI

Langkah-langkah untuk mengeceknya adalah sebagai berikut,
1. Buka link berikut jd.mi.com melalui komputer atau laptop (mungkin bisa dengan smartphone lain).

2. Akan ada barcode di layar komputer atau laptop anda.
Buka aplikasi kamera dan arahkan ke barcode tersebut maka akan otomatis dideteksi dan akan ada instruksi lanjutan, seperti pada gambar pilih "Lihat lebih lengkap" maka nanti xiaomi anda akan melakukan proses download secara otomatis melalui browser di hp anda.

Namun jika proses tersebut gagal anda dapat mendownloadnya melalui link jd.mi.com di browser hp anda, dan jika masih gagal juga anda dapat mendownloadnya melalui komputer atau laptop dan selanjutnya di pindah ke smartphone anda.

3. Setelah anda berhasil mendownload aplikasi tersebut, selanjutnya adalah anda instal aplikasi tersebut didalam smartphone xiaomi anda. Pilih Pasang / Install dan tunggu hingga prosesnya selesai.
Pilih I trust this App sehingga aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan dari sistem. Kemudian pilih Jalankan / Launch.


4. Setelah aplikasi terbuka pada xiaomi anda, pilih Scan and Verify

5. Buka jd.mi.com pada komputer atau laptop anda dan Arahkan HP ke barcode yang ada di komputer atau laptop.
 

6. Tunggu proses verifikasi ini, membutuhkan waktu lumayan lama, yakni 1-3 menit.

7. Setelah proses verifikasi ini, di layar handphone anda pilih Ok yang selanjutnya akan hasilnya akan ditampilkan pada layar komputer atau laptop anda.

8. Berikut adalah hasilnya.


Mengetahui asli atau palsu?

Nah, dari hasil yang di tampilkan tersebut, coba anda cocokkan dengan device anda apakah hal tersebut sesuai atau tidak. Jika sesuai anda dapat bernafas dengan lega, namun jika tidak ya harap di ikhlaskan hahaha...
a. Pertama anda pastikan apakah devicenya benar?
Dalam contoh tersebut adalah Redmi Note (1),
=> Baca juga : Spesifikasi dan review redmi note wcdma dan lte
apakah sudah sesuai dengan device yang anda miliki, jika sudah sesuai maka lanjut ke tahap yang kedua, yaitu mencocokkan IMEI.
b. Apakah IMEI-nya sama?
Anda bisa mengetahui IMEI anda melalui 4 cara
=> Baca juga : Mengenal IMEI (International Mobile Equipment Identity)
- Ketik *#06# pada dialer (cara ini berlaku untuk seluruh merk HP)
- Settings > About Phone > IMEI
- Buka back cover, angkat baterai, dan akan terlihat IMEI smartphone Xiaomi kamu.
- Terdapat pada kardus hp

Nah jika IMEI yang anda miliki sama dengan yang tercantum pada hasil tersebut maka dapat dipastikan jika Smartphone Xiaomi anda adalah asli atau bukan barang palsu.
Ada baiknya sebelum membeli sesuatu dalam kasus ini adalah gadget, kita harus teliti terlebih dahulu karena kecerobohan dan kurangnya ketelitian bahkan ketidaksabaran kita dalam mendapatkan sesuatu dapat berakibat pada hal buruk. Alangkah lebih baik jika kita membelinya pada penjual resmi atau penjual yang terpercaya agar terhindar dari barang palsu.
Demikian artikel mengenai Cara Cek Keaslian Smartphone Xiaomi. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Cara Cek Keaslian Smartphone Xiaomi"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...