Membuat Bootable Flashdisk (Windows & Linux)

Ilmu Informatika : Membuat Bootable Flashdisk (Windows & Linux). Bootable merupakan fasilitas yang dimiliki OS (Operating System), dinamakan bootable karena untuk instalasi atau demo OS harus dilakukan melalui proses booting dimana OS tersebut berada dalam media penyimpanan yang siap untuk digunakan dalam instalasi baik berupa CD/DVD, flashdisk, disket, harddisk atau media penyimpanan yang lain.

Untuk membuat bootable flashdisk pada sistem operasi windows yang sekarang dapat dilakukan dengan mudah bahkan tanpa bantuan software. Tinggal extract atau di Mount menggunakan ultraIso kemudian di pastekan semua file ke flashdisk. Namun untuk sistem operasi windows XP membutuhkan software imbuhan yaitu rufus. Anda bisa mendapatkannya secara gratis di situs resminya http://rufus.akeo.ie. Selain untuk windows xp, rufus juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada proses instalasi laptop atau komputer keluaran terbaru yang kebanyakan mengalami masalah seperti "Windows 8 cannot be installed to this disk. The selected disk has an MBR partition table".
Berikut adalah tampilan rufus.

Namun untuk linux dan turunannya dapat menggunakan Pendrive Universal USB Installer. Software ini dapat membuat bootable untuk semua jenis sistem operasi berbasis linux, misalnya: Linuxmint, Ubuntu, Fedora, Debian, Backtrack, bahkan windows dan Hiren Boot.

Membuat bootable dengan flashdisk

Berikut adalah langkah-langkah penggunaan Pendrive Universal USB Installer

1. Pilih jenis OS yang akan digunakan
2. Arahkan tempat OS berada
3. Pilih jenis bootable (flashdisk)
4. Optional

untuk mendapatkan Pendrive Universal USB Installer anda dapat membuka link ini. (password: isrul.com)
Demikian artikel mengenai Membuat Bootable Flashdisk (Windows & Linux). Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Membuat Bootable Flashdisk (Windows & Linux)"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...