Tips Agar Produk IT Berharga Mahal

Ilmu Informatika : Tips Agar Produk IT Berharga Mahal. Pada postingan kali ini saya akan membagikan tips yang didapat langsung dari Bos PT Gamatechno Indonesia. Pastinya sobat semua sudah tau dong gamatechno itu apa?
Nah bagi yang belum mengetahui gamatechno itu apa, simak link berikut About PT Gamatechno.
PT Gamatekno ini merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penyedia solusi teknologi dan informasi yang berada di Indonesia, tepatnya berada di Yogyakarta.
Pada tanggal 14 November 2014, Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Unnes mengadakan kuliah umum atau stadium general dengan mendatangkan pengisi dan pembicara dari Gamatekno. Tentunya tidak disia-siakan oleh mahasiswa terutama yang memiliki basic IT.

Pada salah satu isinya yaitu membagikan tips sekaligus penyebab mengenai harga suatu produk IT itu bisa mahal. Pasti langsung merasa aneh dan heran ketika melihat atau mendengar suatu produk IT mahal.
Misalnya:
a. Web yang dijual adalah script code

b. Software/Aplikasi yang dijual adalah kepingan CD atau bisa di download langsung
Sepele memang bagi yang tidak mengetahui proses pembuatannya, namun bagi seorang atau tim produksi sangatlah wajar dengan harga yang mahal.

Nah bagi anda yang memiliki basic atau jiwa seorang programmer atau pembuat produk dan menjualnya seperti web, aplikasi, sistem informasi, media pembelajaran, game, animasi, desain, dll. Berikut bisa anda jadikan sebagai acuan untuk menilai dan menjual produk anda.

Membuat produk IT berharga mahal

1. Dokumentasi
Dokumentasi ini diperlukan untuk menunjukkan berapa lama produk dibuat, bagaimana suatu produk itu dibuat, dan segala proses yang berkaitan mengenai proses pembuatan. Selain itu, dokumentasi juga sangat berguna pada saat terjalin kontrak antara pengguna (pemesan produk) dan pembuat.
Dokumentasi ini bisa berupa foto kegiatan, pengetesan, kontrak, dan lain-lain.

2. Pengalaman, reputasi dan usia developer
Developer baik itu individu maupun tim yang memiliki pengalaman yang banyak, reputasi yang baik dan usia yang terbilang cukup lama tentunya memiliki suatu nilai dimata pengguna, hal ini dapat anda gunakan untuk menaikkan harga suatu produk anda.
Jika anda mengerjakan secara individual sangat ditekankan pada reputasi anda, jangan lupa untuk meminta testimoni pada orang-orang yang telah membeli produk anda.

3. Layanan purna jual
Garansi atau layanan purna jual ini dapat memberikan anda sebuah nilai lebih, selain anda bisa mendapatkan harga yang lebih tinggi tentunya anda juga akan mendapat kepercayaan dari seorang pembeli produk atau pengguna jasa anda.
Untuk menunjukkan bahwa anda adalah seorang profesional, maka garansi haruslah anda yang menentukan baik jangka waktu maupun pelayanan yang akan anda berikan. Bukan dari tawar menawar dengan pembeli.

4. Source code
Source code tentunya memiliki peran yang sangat penting dan paling bernilai harganya. Dimana source code yang mahal adalah yang bersifat unik atau tidak ada yang menyamainya. Dengan kata lain setiap produk yang anda ciptakan selalu dibangun atau dibuat menggunakan source code sendiri dan bukan dari produk yang memiliki kemiripan atau kesamaan sebelumnya seperti produk yang berbasis website.

Dalam hal ini dapat dikategorikan menjadi 2:
a. Bersifat individual
Ini artinya 1 produk digunakan untuk 1 pengguna.
Misalnya: website, media pembelajaran, desain, sistem informasi, dll.
Namun seperti website, biasanya untuk menjual suatu template dapat juga memiliki harga yang tinggi dengan menentukan maksimal yang dijual (Limited edition), misalnya dijual hanya untuk 10 orang saja,
b. Bersifat umum
Ini artinya 1 produk dapat dijual untuk banyak orang.
Namun dalam hal ini yang dijual bukan source codenya, melainkan hasil jadi.
Misalnya: Aplikasi, game, sistem operasi, dll.
Kebanyakan dari source code yang bersifat umum ini adalah adanya lisensi, agar tidak diperjual belikan lagi oleh pembeli kepada orang lain.

5. Lisensi
Lisensi ini memberikan nilai jual pada suatu produk menjadi lebih tinggi, meskipun produk bersifat umum. Dengan adanya lisensi menunjukkan 1 orang pembeli memiliki 1 bukti kepemilikan yang sah, dengan demikian anda bisa pula dengan menambahkan perawatan produk anda misalnya dengan memberikan update atau pembaharuan suatu sistem pada produk anda secara berkala.

6. Teknologi/framework/platform yang digunakan
Pada point ke enam ini saya lebih cenderung menjelaskan ke arah produk website hehe.
Tentunya pembeli akan menanyakan platform atau framework apa yang digunakan untuk menciptakan suatu website.
Anda dapat menggunakan framework CodeIgniter, YII, atau yang lainnya untuk menciptakan website anda, dengan menggunakan framework tentunya pengerjaan dapat dilakukan oleh programmer lain karena yang dipahami adalah kerangkanya bukan source codenya satu persatu.
Untuk platform anda dapat menggunakan CMS semisal blogger, wordpress, joomla, dll.

Berikut adalah perkiraan harga atau nilai yang anda dapat.
CMS < Framework < X

Harga atau nilai suatu website yang menggunakan CMS lebih kecil ketimbang menggunakan Framework, namun ada yang lebih mahal dari framework, yaitu Framework yang anda buat sendiri. Tentunya pembuatan framework juga akan mendapatkan harga sendiri.

7. Uji performa
Pada proses pembuatan juga harus ada yang namanya pengetesan atau pengujian performa suatu produk. Hal ini dimaksudkan untuk mencari celah kelemahan suatu produk agar dapat disempurnakan sebelum ke tangan pembeli.
Selain itu juga mengurangi tingkat resiko kerusakan tanpa masuk ke bagian garansi.

8. Kemudahan pengguna
Selain uji performa juga terlebih dahulu diuji tingkat kemudahan pada pengguna, hal ini dapat dilakukan dengan menunjuk orang awam untuk menggunakan produk tersebut, dengan menyempurnakan hal apa saja yang masih kurang dan dibutuhkan oleh pengguna tersebut.
Pada penggunaan produk yang telah jadi tentunya kenyamanan dan kemudahan menjadi salah satu seorang pengguna betah atau nyaman untuk menggunakan produk tersebut.

9. Keamanan sistem
Tentunya suatu keamanan sangatlah penting meskipun beberapa pembeli banyak yang tidak peduli, namun kenyataannya jika pembeli mengalami masalah pada bagian keamanan akan komplain.
Keamanan sistem ini bisa berupa kemanan produk dari virus, keamanan dari pencurian data, dll.
Meskipun yang namanya sistem tentu ada kelemahan maka dari itu berusahalah untuk mempersempit atau memperkecil area yang lemah tersebut.

10. Komponen biaya
Point yang terakhir adalah komponen biaya, barang apa saja yang anda beli untuk membuat produk tersebut. Dalam hal ini kebanyakan adalah hardware.
Komponen biaya ini anda jangan memasukkan biaya pembelian komputer/ sistem operasi/ aplikasi yang anda gunakan. Namun yang khusus untuk membuat produk tersebut dan bersifat satu kali penggunaan.

Salam sukses... :-)
Demikian artikel mengenai Tips Agar Produk IT Berharga Mahal. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Tips Agar Produk IT Berharga Mahal"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...