Mengenal DSpace (DuraSpace)

Ilmu Informatika : Mengenal DSpace (DuraSpace).

Dspace adalah aplikasi perpustakaan digital berbasis free software yang dikembangakan pada tahun 2002 dengan kerja sama antara Massachusetts Institute of Technology (MIT) Libraries dan Hawlett-Packard (HP) dengan rilis software pertama versi 1.0. Proyek ini bermula pada tahun 2000, HP memberikan dana sebesar 1,8 milliar dolar selama 2 tahun untuk membangun arsip digital untuk MIT yang telah mengelola 10.000 artikel yang dihasilkan setiap bulan oleh pengarang di MIT. Selanjutnya pada tahun 2007, terbentuklah Dspace foundation sebagai organisasi non-profit untuk memberikan dukungan kepada komunitas-komunitas yang mucul dari intitusi-institusi yang menggunakan aplikasi Dspace.

Dspace merupakan aplikasi opensource dengan lisensi BSD (Berkeley Software Distribution) yang dikembangkan dengan tujuan untuk digunakan dalam mengelola content digital atau digital repository. Dalam hal ini yang dimaksud dengan mengelola content digital adalah mengumpulkan, mengatur, mengindeks, dan mendistribusikan koleksi digital. Dspace mendukung OAI-PMH (Open Archives Initiative-Protocol for Metadata Harvesting) sehingga dapat digunakan untuk menyimpan dan memungkinkan untuk dapat diakses secara terbuka. Standar metadata yang digunakan pada Dspace adalah dublin core sehingga dapat digunakan untuk pertukaran metadata secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengelola berbagai macam konten digital seperti teks, gambar, gambar bergerak, MPEG, dan perangkat data.
DSpace dibuat atas kerjasama antara dua lembaga antara lain:
1. Fedora Commons
Fedora (Flexible, Extensible Digital Object Repository Architecture) pada awalnya dirancang untuk Universitas Cornell pada akhir tahun 1990-an untuk memelihara pengelolaan materi digital. Pada tahun 2001 sampai 2007, Universitas Cornell dan Virginia bergabung dalam upaya memanfaatkan desain Fedora untuk membuat Fedora project. Pada bulan Mei 2007, Fedora Common didirikan dengan bantuan dana dari Gordon dan betty Moore Fondation sebanyak $ 5 juta sebagai organisasi nonprofit independen. Tujuan dari fedora commons adalah untuk membangun komunitas ilmiah dan pendidikan pengguna yang secara terbuka akan berkolaborasi dengan tim fedora untuk terus mengembangkan software open source.

2. Dspace Fondation
Dspace dibangun bersama oleh Hewlett Packard dan MIT dimulai pada tahun 2002, dikembangkan sebagai perangkat lunak open source untuk mengelola penelitian, ilmiah dan konten lainnya yang diterbitkan dalam repositori digital, dengan penyimpanan, akses dan pelestarian jangka panjang. Ketika pengguna Dspace meningkat, terdapat sekelompok pengguna bernama The Dspace Federation pada tahun 2004 yang menentukan tata kelola pembangunan masa depan untuk Dspace. Pada bulan juli 2007, Hewlett Packard dan MIT meminta Dspace dibuat sebuah lembaga yang dipimpin oleh Michele Kimpton. Dspace Fondation merupakan organisasi nonprofit yang menyediakan kepemimpinan teknis dan administrasi yang mendukung peningkatan jumlah pengguna Dspace.

Kelebihan DSpace
1. Komunitas pengguna dan pengembang terbesar di seluruh dunia, memilki lebih dari 1000 organisasi.
2. Software yang gratis, dapat didownload, digunakan, dimodifikasi serta diintegrasikan kode kedalam aplikasi komersial tanpa membayar lisensi apapun.
3. Sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Dapat menyesuaikan tampilan antar muka pengguna, dapat menentukan sendiri bidang apa saja yang ingin ditampilkan dalam tampilan browsing, dapat emilih database mana yang akan digunakan dalam mengelola metadatanya, dan lain-lain.
4. Digunakan oleh kelompok pendidikan, pemerintahan, institusi  komersial atau swasta, serta institusi-institusi lainnya.
5. Dapat engelola dan memelihara segala bentuk kontent digital, seperti PDF, Word,JPEG, MPEG, fileTIFF.
Demikian artikel mengenai Mengenal DSpace (DuraSpace). Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Mengenal DSpace (DuraSpace)"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...