Fitur-Fitur pada Aplikasi DSpace (DuraSpace)

Ilmu Informatika : Fitur-Fitur pada Aplikasi DSpace (DuraSpace). Sebelumnya saya telah membagikan artikel yang membahas mengenai Pengertian DSpace, Sejarah perkembangan dan Cara menginstal aplikasi DSpace pada Windows.
Pada kesempatan berikut saya akan membahas mengenai fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi DSpace atau DuraSpace.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki Dspace:

1. Menyediakan host software

Akun dspace direct telah terinstal dan siap digunakan. Kemudian sistem administrasi termasuk server snapshot, server maintenance, sistem administrasi overal sepenuhnya dikelola atas nama institusi termasuk upgrade gratis tahunan dengan versi terbaru DSpace. Institusi dapat dengan mudah menambahkan storage kapan saja.

2. Organisasi dan mengelola konten institusi

DSpacedirect menyediakan kemampuan mengatur dokumentasi dengan cara hirarkis. File atau dokumen dapat ditambahkan ke satu atau lebih koleksi, dan koleksi dapat dikelompokkan ke dalam cakupan yang lebih besar. Setiap koleksi dan cakupan memiliki logo dan homeage khusus. Institusi dengan mudah dapat dengan mudah memperbaiki semua metadata yang disimpan.

3. Menyalin dan memelihara konten

Akun dspcedirect secara otomatis terintregasi dengan duracloud, pengarsipan berbasis cloud dan pelayanan pelestarian berbasis cloud. Hal itu berarti dspcedirect menciptakan salinan cadangan konten dan kemudian di copy untuk duracloud tentang pemeriksaan kesehatan konten otomatis dilakukan secara reguler. Institusi dapat dengan mudah mengambil dan mengembalikan satu atau seluruh file yang telah dihapus atau dubah melalui web antarmuka dspcedirect.

4. Menemukan dan mencari konten

Konten akan dengan mudah ditemukan karena semua konten public Dspacedirect diindex oleh google dan mesin pencari lainnya, membantu untuk mengajak orang ke situs DSpace istitusi. Konten anda dengan mudah dapat direferensikan karena semua dokumen, koleksi di dspace ditetapkan permanen dalam mengindentifikasi. Konten akan mudah dicari. Setiap pencarian dapat disaring atau diurutkan untuk mendapatkan hasil pencarian. Dspacedirect juga menyediakan pilihan untuk menelusuri pada ruas judul, penulis, subjek atau tanggal, dengan itulah anda dapat mendapatkan hasil yang lebih spesifik.

5. Memnugkinkan akses terbuka bagi konten

Dengan dspacedirect, anda dapat dengan mudah memberikan akses terbuka untuk koleksi digital anda. Dspace mendukung berbagai jenis format file seperti pdf, word, jpeg, mpeg, tiff,dll. Anda dapat menggunakan akun dspacedirect unutk membangun sebuah repository terbuka untuk menampilkan hasil penelitian dan publikas mahasiswa serta dosen.

6. Menyesuaikan akses user dan workflow

Dspacedirect memilki izin user, lisensi konten depodit dan alur kerja aproval. Anda dapat dengan mudah menetapkan izin spesifik. Nada juga dapat memutuskan apakah akan meninjau deposit baru untuk koleksi spesifik, sehingga pengajuan dapat disetujui, direvisi atau ditolak. Anda dapat memilih untuk memungkinkan user untuk membatasi akses ke konten spesifik.

7. Memberi merk akun anda

Model berbagai template tersedia untuk memenuhi kebutuhan anda dan mengintegrasikan secara visual dengan organisasi anda. Anda dapat memilih template yang diinginkan dan dapat menambahkan brand lain seperti logo, favicon, serta skema warna.


8. Analisis statistik pengguna

Dspace memberikan satistik pengguna internal sendiri yang sedang melacak halaman tampilan dan unduhan. Selain itu, jika anda memilki akun google analitik, anda dapat memilih untuk menambahkan google analitik dalam pelacakan ke rekening dspacedirect anda.

9. Mengakses dukungan pelanggan

Anda akan dapat sistem tiket dukungan pelanggan dspacedirect yaitu gratis 10 permintaan dukungan dalam 90 hari pertama pelanggan.
Demikian artikel mengenai Fitur-Fitur pada Aplikasi DSpace (DuraSpace). Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Fitur-Fitur pada Aplikasi DSpace (DuraSpace)"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...