Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Windows

Ilmu Informatika : Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Windows .
Microsoft Windows merupakan sistem operasi(OS) yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan interface atau antar muka berbasis grafis atau yang lebih dikenal dengan nama GUI (Graphical User Interface).
  1. MS-Dos (Microsoft Disk Operating System) Yang pertama ada Ms-Dos adalah OS yang berbasiskan teks dan Command-Line Interpreter. Sebenarnya Windows Versi pertama yaitu Windows Graphic Environmnet 1.0 adalah perangkat lunak yang bekerja pada arsitekstur 16-Bit, sehingga untuk menjalankannya membutuhkan MS-DOS.
    MS-Dos ini bukan Sistem Operasi murni, melainkan untuk membantu kerja dari Windows Graphic Environtment.

  2. Microsoft Windows (windows 1.x – windows 3.x)
    Yang selanjutnya Ada 3 versi yaitu versi 1.0, 2.0 dan 3.x Sedangkan versi yang ketiga terdapat beberapa pengembangan dan pembaruan diantaranya 3.0, 3.1 dan 3.11.
    Microsoft Windows 1.0 adalah versi pertama OS dalam dunia sistem operasi berbasis (GUI) yang dibuat oleh Microsoft Corporation yang dirilis pada tanggal 10 November 1998.
    Microsoft Windows 2.0 adalah versi kedua dari sistem operasi berbasis GUI buatan Microsoft Corporation yang dirilis pada 9 Desember 1987.
    Windows 3.0 dilengkapi dengan kemampuan dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon.

  3. Windows 95 – windows ME
    Sistem operasi ini memiliki GUI yang lebih menarik dan atraktif dibandingkan dengan OS sebelumnya, ditambah dengan menu "Start", menu inovatif untuk mengakses grup program (pengganti Program Manager) yang mendukung penamaan berkas yang panjang.
    Windows ini juga mendukung Plug and Play untuk mendeteksi instalasi perangkat keras dan konfigurasi secara otomatis, memiliki beberapa fasilitas seperti : Browser yang terintegrasi dan Windows Explorer untuk menjelajah internet. Selain itu juga Windows 95 memiliki fitur untuk memanajemen daya (APM) dan diperkenalkannya juga Client-Server.

  4. Windows 98 - windows SE
    Windows ini dirilis oleh Microsoft pada tanggal 25 Juni 1998. Windows 98 sudah mendukung VGA berbasis AGP, serta mendukung media penyimpanan seperti USB, diperkenalkannya NAT untuk berbagi koneksi Internet dan digantikannya Virtual Device Driver dengan Windows Driver Model. Ditambah dengan beberapa fitur aplikasi Microsoft Office dan Internet Explorer versi 5. Windows versi ini juga sudah memiliki kemampuan untuk memainkan game dan menjalankan aplikasi Multimedia.

  5. Windows NT 3.xx – 4.xx
    Windows NT sebagai pengganti windows ME mendukung arsitekrtur x86 (80×86), Intel IA64 dan AMD64 (x64) dan grafis 32-Bit. Windows NT dibangun dari pengembangan IBM OS/2 dan banyak digunakan dalam jaringan komputer. Windows NT juga memperkenalkan File System NTFS yang lebih baik dari FAT maupun FAT-32.
    Windows NT 3.1 dirilis untuk komputer Intel x86, DEC Alpha, dan beberapa platform yang mendukung ARC (Advanced RISC Computing MIPS.

  6. Windows 2000
    Windows 2000 (atau Windows NT 5.0 build 2159) adalah sebuah versi sistem operasi Windows yang merupakan versi pengembangan dari Windows N versi 4.0 yang di dikeluarkan oleh Microsoft.
    Windows 2000 mempunyai banyak fitur tambahan diantaranya:
    1) Active Director yang baru
    2) Image Preview
    3) Plug and Play dan Windows Driver Model yang lebih baik performanya dibanding sebelumnya,
    4) Browser Explore yang baru, yaitu Internet Explorer 5.0.
    5) Mendukung untuk Microsoft Direct dan Open GL (Windows NT 4.0 hanya mendukung akselerasi OpenG),
    6) Windows Media Playe 6.4 terintegrasi (dapat diinstalasikan di Windows NT 4.0,
    7)Terminal Service yang telah terintegrasi,
    8) Plug And Pla yang lebih canggih, sehingga memasang hardware tertentu dapat langsung berjalan tanpa harus melalui proses restart,
    9) Menggunakan driver untuk hardware berbasis Windows Driver Mode atau dikenal juga dengan WDM,
    10) Dukungan manajemen daya lebih baik, yaitu ACP (Advanced Configuration and Power Interface) yang dapat menghemat daya.

  7. Windows XP
    Windows XP menawarkan banyak perubahan, fitur dan performa, berbasis grafis digunakan pada komputer pribadi atau PC (Personal Computer), desktop bisnis, dan laptop. Windows XP juga menjadi pengguna OS terbanyak di dunia, hingga saat ini pengguna XP masih sangat banyak meskipun penghentian support dan update dari windows. Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi, antara lain ialah :
    • Windows XP Home Edition ditargetkan untuk pengguna pribadi.
    • Windows XP Professional menawarkan fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua prosesor fisik, dan ditargetkan untuk pasar power user, bisnis dan perusahaan klien.
    • Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedi tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara T, melihat fil DV, dan mendengarkan musi.
    • Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform PC Tablet, yakni sebuah komputer pribadi yang menggunakan stylus.
    • Windows XP profesional 64-bit Edition untuk prosesor berarsitektur IA-6 (Itaniu)
    • Windows XP Professional x64 Edition untuk prosesor berarsitektur x86-6.
    • Windows XP Starter Edition yang dijual di beberapa negara berkembang.
    • Windows XP Embedded, sebuah versi Windows XP Professional yang dikurangi segala fiturnya di sana sini untuk pasar tertentu.

  8. Windows server 2003
    Fitur windows server 2003 edisi standar antara lain ialah platform .Net, fitur Domain Controller Server, PKI (Public Key Infrastructure) Server, Domain Name System (DNS), Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Windows Internet Name Service (WINS), Microsoft IIS, Windows Terminal Service.
    Mendukung pembagian beban jaringan Fitur standar sebuah server: file service, print service, atau application server yang dapat diinstalasi (seperti Microsoft Exchange Server, SQL Server, atau aplikasi lainnya). Windows Server 2003 terdiri atas beberapa edisi yang berbeda, yakni:
    • Windows Server 2003 Enterprise
    • Windows Server 2003 Datacenter
    • Windows Server 2003 Web Edition
    • Windows Small Business Server 2003 (Windows SBS)
    • Windows Storage Server 2003
    • Windows Server 2003 Standard Edition

  9. Windows Vista
    Windows Vista dirilis pada tanggal 8 November 2000 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2000 untuk pengguna pribadi. Windows Vista lebih mengutamakan interface atau antarmuka dibandingkan dengan performa, Fitur-fiturnya antara lain AERO, Sidebar, tingkat keamanan lebih baik dari pada Windows XP. Windows Vista menggunakan Firewall dengan Advanced Security, Windows Defender, Parental Control, User Account Control (UAC), BitLocker Drive Encryption, ASLR. Windows Vista menggunakan IPv6, DirectX versi terbaru, dan arsitekstur 64-Bit.
    Windows vista mempunyai beberapa versi: yaitu:
    • Windows Vista Starter.
    • Windows Vista Home Basic.
    • Windows Vista Home Premium.
    • Windows Vista Business.
    • Windows Vista Enterprise.
    • Windows Vista Ultimat.   

  10. Windows 7
    Windows 7 merupakan kombinasi dari Windows XP dan Windows Vista. Windows 7 memiliki kinerja yang lebih baik dibandingakan dengan Windows Vista. Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista karena windows 7 muncul tidak lama setelah vista karena vista dinilai produk windows yang paling gagal mungkin karena harganya yang cukup mahal.
    Windows 7 tidak bisa digunakan pada komputer dengan jumlah memori yang terpasang kurang dari minimum requirements.
    Windows 7 memiliki 6 versi yang sama dengan Windows Vista. Hanya saja ada perbedaan nama, jika Windows Vista memiliki versi Business maka pada Windows 7 versi tersebut dinamakan Professional. Versi tersebut antara lain :
    • Windows 7 Ultimate
    • Windows 7 Professional
    • Windows 7 Enterprise
    • Windows 7 Home Premium
    • Windows 7 Home Basic
    • Windows 7 Starter

  11. Windows 8
    Windows 8 ini secara resmi dirilis pada tanggal 26 Oktober 2012. OS ini diproduksi dengan sasaran pasar pada PC (komputer pribadi). User Interface atau tatap muka dirubah agar dapat digunakan pada gadget layar sentuh atau touchscreen agar tetap digunakan meskipun tanpa menggunakan mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 ini di desain untuk perangkat touchscreen meskipun tetap bisa digunakan untuk laptop atau komputer biasa. Windows 8 mempunyai beberapa edisi atau versi antara lain:
    • Windows 8, yang setara dengan Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium.
    • Windows 8 Pro, yang setara dengan Windows 7 Professional.
    • Windows 8 Enterprise, yang setara dengan Windows 7 Enterprise dan Ultimate.
    • Windows 8 RT, versi Windows khusus untuk perangkat berprosesor ARM.
    • Windows 8.1 (yang merupakan penyempurnaan dari produk windows 8 yang dinilai gagal).
Demikian artikel mengenai Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Windows . Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Windows "

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...