Mau Kuliah Gratis? Bidikmisi Solusinya

Ilmu Informatika : Mau Kuliah Gratis? Bidikmisi Solusinya.


Halo sobat isrul semua, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai beasiswa bidikmisi, cara mendaftar bidikmisi dan tips agar bisa lolos ujian serta mendapatkan beasiswa tersebut.
Semoga bisa menginspirasi buat temen-temen yang ingin kuliah tapi orang tua tidak mampu untuk membiayai.
Bisa dishare informasi berikut untuk orang tua, tetangga, atau teman anda yang butuh.

A. Pengetian Bidikmisi

Bidikmisi atau singkatan dari (Bantuan Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi) adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Namun pada kenyataannya, Beasiswa bidikmisi ini diberikan dan diprioritaskan untuk mahasiswa miskin maupung kurang mampu dan berprestasi tentunya.

Q : Apa anda merasa tidak pantas karena belum pernah berprestasi?
Jika anda berpikir bisa, pasti bisa.
Q : Apa ini beneran program dari pemerintah, nanti setelah lulus jadi ini itu?
Ini benar program dari pemerintah, bidikmisi ini sudah ada ribuan sarjana yang telah menyelasaikan program strata 1 dan diploma 3 di universitas yang cukup terkemuka di Indonesia. Beasiswa bidikmisi ini telah ada sejak tahun 2010 lalu salah satu pihak yang mengusulkan adalah Menteri Pendidikan saat itu yaitu Bapak Mohammad Nuh (Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh) dan Presiden RI Bapak SBY.

Program ini sangat membantu banyak anak Indonesia untuk meraih cita-cita dan menempuh pendidikan tinggi, termasuk saya sebagai salah satu mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi sekarang semester 6 (angkatan tahun 2012) dari kalangan keluarga yang kurang mampu bisa merasakan bangku sekolah meskipun saya tidak mempunyai rekap jejak prestasi di SMA (Dulu saya di MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara). Namun tanpa usaha dan kerja keras saya rasa tidak akan terwujud. :-)

Bidikmisi ini tidak hanya membiayai biaya kuliah persemester, namun juga biaya hidup mahasiswa.
Dari dikti itu tiap mahasiswa mendapatkan 1 juta rupiah, dimana 600 untuk biaya hidup mahasiswa dan 400 dialokasikan untuk universitas baik untuk biaya SPP, Sardik, dll atau untuk Pembinaan mahasiswa tersebut. Jadi jika ada mahasiswa dari universitas A yang mendapatkan biaya hidup lebih jangan iri karena itu merupakan kebijakan dari kampus.

B. Syarat, Ketentuan, dan Pendaftaran

Untuk syarat, ketentuan dan pendaftaran ini anda bisa membuka laman bidikmisi langsung karena setiap tahun ada pembaruan. cek di http://www.bidikmisi.dikti.go.id/.

C. Tips

Inti dari postingan ini adalah keinginan saya untuk memberikan tips supaya anda bisa sedikit termotivasi untuk mencoba program ini. Toh juga ini gratis lho. Ada beberapa hal yang menurut saya sangat menentukan agar peserta bisa lolos bidikmisi ini.

Jalur Masuk yang tepat

Yang pertama adalah jalur masuk ke perguruan tinggi, untuk bisa masuk perguruan tinggi terdapat 3 cara yaitu SNMPT atau Jalur Undangan (Untuk yang lulus tahun ini), SBMPTN atau jalur tulis secara nasional (Yang udah lulus tahun lalu juga bisa ikut) dan Ujian Mandiri atau ujian yang diadakan oleh masing-masing perguruan tinggi. Bidikmisi itu bisa kita dapatkan jika kita bisa lolos seleksi masuk perguruan tinggi, kemudian perguruan tinggi tersebut yang akan menentukan apakah kita layak menerima beasiswa tersebut atau tidak. Jadi, tidak mungkin seseorang mendapatkan bidikmisi tapi tidak lolos seleksi masuk perguruan tinggi. 

Pilih jurusan yang tepat

Mengapa demikian? Karena kesempatan untuk lolos perguruan tinggi ini juga ditentukan oleh jumlah kuota tiap jurusan, misalkan saya ingin masuk jurusan favorit A dengan kuota 100 namun yang mendaftar ada ribuan orang.
Jika ada kejadian demikian apakah saya harus beralih jurusan?
Tidak. Anda tetep pilihlah tujuan anda, karena untuk masing-masing ujian diperkenankan untuk memilih jurusan lebih dari 1. Misalkan memilih jurusan A yang kesempatan kecil tersebut namun juga harus yakin ya, kemudian pilihan kedua pilihlah jurusan yang sepi peminat namun yang anda sukai.

Pilah Universitas

Kita harus memilah universitas, jadi gak semua universitas itu ada program beasiswa bidikmisi ini.
Nah untuk tahun kemarin saya mendapatkan informasi yang bisa mengajukan beasiswa bidikmisi adalah Perguruan Tinggi Negeri, dan Perguruan Tinggi Swasta dengan Akreditasi A.
Cari juga informasi dimana universitas tersebut menerima kuota bidikmisi berapa banyak.

Bertanya ke kakak kelas

Jangan malu untuk bertanya ke kakak angkatan yang telah lolos baik itu kamu mengenalnya atau tidak, carilah informasi sebanyak mungkin karena sebodoh apapun kakak angkatan tersebut pasti info yang didapatkan sangat jelas karena dia telah melaluinya dengan baik.

Usaha

Dan diantara point-point tersebut yang sangat menentukan adalah usaha, sejauh apa usaha yang telah kamu lakukan. Beberapa diantaranya adalah:
  1. Belajar
    Biasanya setelah selesai UN Tingkat SMA/SMK langsung dah pada malas untuk belajar. Iya kan?
    Niatkanlah belajar itu tidak hanya untuk melewati UN tapi juga untuk ikut ujian Jalur tulis baik SBMPTN maupun Ujian Mandiri jika SNMPTN tidak lolos.
    Terlebih jika kita tidak didaftarkan untuk mengikuti SNMPTN (Jalur Undangan) maka kita jangan sampai sedih apalagi patah semangat, justru kita harus bersemangat belajar untuk mempersiapkan ujian tulis SBMPTN dan atau Ujian Mandiri. Dan jika gagal di ujian SBMPTN jangan sedih karena masih ada Ujian Mandiri, dan Jika Ujian Mandiri gagal jangan menyerah ikutlah SBMPTN tahun depan.
    Intinya, jangan patah semangat jika mengalami 1 kegagalan.
  2. Kumpulkan latihan soal
    Ini berfungsi agar kamu tau seperti apa bentuk soal yang akan diuji di SBMPTN dan UM. Agar saat ujian kamu tidak mengalami kaget karena pengujian yang berbeda.
  3. Banyakin doa
    Ingatlah, doa adalah cara yang mampu membuat kita lebih semangat, lebih yakin, dan mendekatkan kita kepada Tuhan. Jangan lupa juga minta doa kepada orang tua karena doa orang tua adalah doa yang sangat mujarab :)
Demikian artikel mengenai Mau Kuliah Gratis? Bidikmisi Solusinya. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

8 Responses to "Mau Kuliah Gratis? Bidikmisi Solusinya"

  1. hummph... awalnya positif bisa dapetin bidikmisi, tapi gak diizinin kuliah...
    Duh... eman...
    tapi biarlah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alasan orang tua kan berbeda-beda gan.
      Yg penting doa dari beliau selalu untuk kesuksesan anda. :-)

      Delete
  2. Alhamdulillah adik saya dpt bidikmisi dia kuliah di undip..ambil jurusan psikolog..ayah saya seorang tukang ojek yang penghasilannya gak nentu..rumha ngontrak..tapi adik saya berpreatasi dan punya keinginan keras u/ kuliah..dan akhirnya dia ikut bidikmisi,krna hal itu ada tetangga saya yang ikut jejak adik saya. Tapi masalahnya menurut saya kedua ank tsb.dari kalangan yang mampu.saat survey mreka mlakukan manipulasi..yg satu saat survey dngan memakai rumah kluarga yg lain..sdangkan mrka memiliki rumah pribadi dan mobil..yang satu ayahnya sopir tapi memiliki 2 motor rumah sendiri..dan menurut saya kehidupan mereka jauh lebih baik dibanding kluarga saya..apakah pantas seperti itu,sdangkan diluar sana masih banyak orang yang tidak mampu berprestasi ingin kuliah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jikalau memanipulasi data seperti menggunakan rumah orang lain dan menyembunyikan harta benda adalah sebuah bentuk kecurangan.
      Punya harta berapapun bisa juga lolos seleksi, karena beasiswa tidak hanya menghitung salah satu. Pada bidikmisi yang saya tau adalah rumah (kondisi), kendaraan, aset (sawah & tanah), penghasilan orang tua, penghasilan wali, pekerjaan orangtua/wali, dll.
      Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan agar bisa lolos.

      Jika kita mengetahui salah satu bentuk kecurangan kita bisa melaporkan ke dikti, namun kebanyakan orang lebih memilih diam ketimbang kena masalah. biasa "budaya yang buruk"

      Delete
  3. gan aku ni mau tamat tahun 2016 ini , gimana sih cara atau daftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri / biar cpat lolos SNMPTN tu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa nanya2 ke bk mengenai bidikmisi gan. Setiap sekolah sudah ada sosialisasinya, untuk lebih jelas bisa ke bagian bk setau saya gitu

      Delete
  4. saya ingin bisa masuk PTN dgn bidikmisi namun saya bimbang kalo di survai karena punya motor..padahal ortu saya hanya seorang tukangbecak ... apakah itu masih bisa dipertimbangkan kawan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kendaraan hanya satu dari puluhan hal yang menjadi pertimbangan. Punya mobil juga bisa lolos.
      Yang terpenting usahakan untuk jujur dan menjawab apa adanya.
      Saya juga dulu waktu di survei ada motor 2 (tahun 99 & 2000) namun karena penghasilan hanya dari bapak saja dan terbatas.
      Yg menjadi pertimbangan itu banyak sekali, misal: penghasilan orang tua/wali, kondisi rumah, sawah/tanah, perhiasan, kendaraan roda 4, kendaraan bermotor, sepeda, dll. Ada banyak sekali. Fokus dulu supaya bisa lolos PTN, beasiswa itu nomor 3. Pertama restu orang tua, kemudian lolos ptn.
      Semangat :)

      Delete

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...