Macam-macam sistem Operasi

Ilmu Informatika : Macam-macam sistem Operasi. Sistem Operasi (operating system atau OS) merupakan suatu perangkat lunak yang bertugas dan bertanggungjawab untuk mengatur dan mengendalikan suatu perangkat keras dan memberikan kemudahan untuk user atau pemakai dalam penggunaan komputer. Sistem Operasi juga akan melakukan pelayanan umum untuk software aplikasi. Jadi sistem operasi juga bertugas untuk mengatur aplikasi agar suatu program aplikasi tersebut dapat dijalankan pada komputer. Layanan tersebut diantaranya akses ke harddisk(penyimpanan data), manajemen memori, tugas penjadwalan, dan interface/antar-muka user. Bagian yang melakukan tugas-tugas tersebut dinamakan "kernel" suatu Sistem Operasi. Sistem operasi yang digunakan untuk komputer umum termasuk personal computer (PC) terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:

  1. Microsoft Windows

    Sistem operasi ini meliputi antara lain:
    1. Windows Desktop Environment: berbasis MS-DOS (versi 1.x hingga versi 3.x), berbasis GUI Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME).
    2. Sistem operasi berbasis Windows NT, seperti: Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, windows server 2008, windows server 2008 R2, Windows Home Server Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012.
    3. Windows CE, seperti: windows CE 1.0-CE 6.0 dan Windows Mobile.

  2. Unix

    Sistem operasi ini menggunakan interface atau antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, debian, red hat, SUSE, Ubuntu, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi). MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd. Sistem operasi keluarga unix lainnya seperti AIX, Amiga OS, DragonFly BSD, Free BSD, GNU, HP-UX, IRIX,Linux, LynxOS, MINIX, NetBSD, OpenBSD, OS X, Plan 9, QNX, Research UNIX, SCO OpenServer, Solaris, UNIX System V, Tru64 UNIX, UnixWare.

  3. Mac OS

    Sistem operasi ini dikeluarkan oleh industri komputer Apple yang disebut Mac atau Macintosh.
    Sistem operasi ini antara lain:
    1. Public Beta (Kodiak),
    2. Mac OS X 10.0 (Cheetah),
    3. Mac OS X 10.1 (Puma),
    4. Mac OS X 10.2 (Jaguar),
    5. Mac OS X 10.3 (Panther),
    6. Mac OS X 10.4 (Tiger),
    7. Mac OS X 10.5 (Leopard),
    8. Mac OS X 10.6 (Snow Leopard),
    9. Mac OS X 10.7 (Lion),
    10. Mac OS X 10.8 (Mountain Lion).
    Berbasis Server :
    1. OpenStep,
    2. Raphsody,
    3. Mac OS X Server 1.0,
    berbasis Mobile: iOS.

    Pada awal tahun 2007, dikeluarkan OS versi 10.5 (Leopard). Dan pada tahun 2011 diluncurkan OS versi 10.7 (lion). Sistem tersebut menggunakan interface atau antarmuka TEXT (DOS, POSIX, LINUX), dan GUI (Graphical User Interface) seperti MS Windows dan LINUX (berbasis TEXT dan berbasis GUI).
Demikian artikel mengenai Macam-macam sistem Operasi. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Macam-macam sistem Operasi"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...