ALBERTA Model Literasi Informasi

Ilmu Informatika : ALBERTA Model Literasi Informasi. Alberta merupakan salah satu program literasi informasi yang ditujukan kepada siswa sekolah dengan mengajarkan bagaimana para siswa melakukan berbagai proses penelitian tentang suatu topik tertentu dengan fasilitas-fasilitas yang ada di perpustakaan, dengan asumsi dasar bahwa kecerdasan dan emosional para siswa dapat dikembangkan secara maksimal dengan memberikan kesempatan untuk berkreasi mencari informasi sendiri, sehingga mereka memiliki pengalaman dan kecakapan secara kognitif, maupun afektif.
Pihak yang terlibar secara garis besar ada 2, yaitu:
  1. Guru dan Pustakawan, harus adanya kerjasama antara keduanya dalam memberikan pemahaman kepada siswa. Memandu siswa tentang cara penelitian serta fasilitas apa saja yang dibutuhkan.
  2. Peserta didik, Sebagai peserta didik siswa perlu dirangsang dengan berbagai teknik pembelajaran yang dapat merangsang keingintahuan dan memotivasi mereka mengetahui informasi-informasi baru, sesuai dengan kebutuhan mereka.
Tahapan literasi informasi Alberta
Model alberta memiliki 5 tahapan, antara lain:
  1. Perencanaan
    Dalam tahap ini guru dan pustakawan memastikan topik yang akan diberikan kepada para siswa, mengidentifikasi sumber-sumber informasi, mengidentifikasi/mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuan kognitif mereka, membuat langkah evaluasi progres kematangan dan kemampuan siswa mengidentifikasi informasi dan melakukan peninjauan.
  2. Penemuan Kembali Informasi
    Dalam tahap ini guru dan pustakawan memastikan bahwa sumber-sumber informasi yang dibutuhkan para siswa tersedia di perpustakaan, dan melakukan peninjauan.
    Untuk mendapatkan kembali informasi, siswa harus memperoleh sumber-sumber informasi yang relevan sesuai kebutuhan. disinilah tugas guru maupun pustakawan dalam memberikan strategi bagi siswa dalam menelusuri sumber-sumber informasi.
  3. Pengolahan Informasi
    Tahap ini guru dan pustakawan melakukan pemilihan informasi yang relevan, pengevaluasian informasi, pengaturan dan penyimpanan informasi, penghubungan dan pengaitan, penciptaan produk, pengubahan dan perbaikan, dan melakukan peninjauan.
    Dalam pengolahan informasi terdapat dua fase, antara lain:
    • Mengumpulkan informasi
      Siswa membutuhkan bantuan untuk mencatat dalam beberapa format. Hal ini seharusnya merupakan suatu pencarian terhadap informasi yang tepat, terhadap informasi yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka atau sesuai ke dalam subtopik mereka, tidak mencatat semua yg mereka temukan. Hal ini sering terjadi ketika sumber-sumber elektronik atau mesin fotokopi secara nyata dapat menjadi suatu bahaya bagi proses ini.
    • Menggabungkan informasi
      Siswa mengorganisasikan dan menggabungkan informasi mereka. Dengan adanya pembicaraan dengan siswa sebelum mereka menulis juga dapat membantu mereka mengekspresikan ide-ide mereka ke dalam kata-kata mereka sendiri. The Focus on Research model terkadang mengalami bias dalam laporan tertulisnya, akan tetapi media lain seperti kartu-kartu dan produk multimedia juga butuh perbaikan (dan petunjuk jika media itu adalah hal yang baru bagi siswa tsb).
  4. Berbagi informasi
    Dalam tahap ini guru dan pustakawan mendiskusikan berbagai hal berdasarkan dengan temuan-temuan yang ada, pendemonstrasian perilaku siswa yang layak, dan melakukan peninjauan kembali. Dalam tahap ini, siswa diharapkan mampu menyampaikan hasil temuannya di lapangan kepada guru dan siswa yang lain.
  5. Evaluasi
    Dalam tahap ini guru dan pustakawan melakukan evaluasi terhadap program instruksi perpustakaan, mengevaluasi prosedur dan dasar-dasar penelitian siswa, dan melakukan peninjauan terhadap proses yang telah dilakukan.
Demikian artikel mengenai ALBERTA Model Literasi Informasi. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "ALBERTA Model Literasi Informasi"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...