Tips Merawat Laptop atau Notebook

Ilmu Informatika : Tips Merawat Laptop atau Notebook. Laptop atau notebook merupakan jenis gadget yang paling banyak digunakan dan dibutuhkan manusia setelah handphone (hp). Terutama bagi seorang mahasiswa dan pelajar. Karena laptop atau notebook dinilai lebih praktis yang dapat dibawa kemana-mana dibanding dengan komputer duduk.
Selain praktis, laptop juga seringkali memiliki masalah baik software maupun hardware. Nah bagaimana merawat agar terhindar dari berbagai masalah tersebut, berikut adalah masalah yang sering terjadi terhadap laptop.
  1. Keyboard
    Seringkali salah satu tombol keyboard mengalami kerusakan sedangkan untuk mengatasinya tidak bisa diganti satu tombol saja, melainkan 1 paket.
    Namun, sebelum dipastikan rusak sebaiknya diperiksa lagi penyebab error tersebut, jika karena debu bisa dibersihkan sela-selanya.
    Untuk menghindari masalah tersebut bisa digunakan keyboard protector dan sering-sering membersihkan sela-sela keyboard setidaknya 2 minggu sekali.

  2. Kipas
    Kipas pada laptop atau notebook memiliki peran yang sangat penting, karena kipas yang tidak bekerja dengan baik dapat mengakibatkan laptop mati mendadak karena suhu yang terlalu panas atau overheat.
    Untuk menghindari hal tersebut, sobat bisa membersihkan kipas minimal sebulan sekali, dan mengganti pasta cpu yang mulai kering. Nah agar tidak cepat panas sobat bisa memanfaatkan cooling pad atau kipas angin untuk mendinginkan laptop atau notebook.

  3. CD/DVD ROM
    Untuk laptop yang dilengkapi dengan CD-ROM atau DVD-ROM sebaiknya digunakan secara bijak.
    Maksutnya???
    Jadi, CD/DVD-ROM pada laptop tidak sekuat dengan komputer, gunakanlah sewajarnya saja, karena jika terlalu sering digunakan optic-nya bisa cepat rusak.

  4. Hardisk
    Gangguan atau masalah pada harddisk umumnya adalah seperti bad sector. Nah untuk mengetahui penyebab serta cara menghindarinya sobat bisa membuka link berikut. Tips merawat hardisk.

  5. Baterai
    Sudah banyak diketahui jika baterai laptop hanya bertahan normal kurang lebih sekitar 3-4 tahun. Namun seringkali ditemui baterai laptop yang bocor atau soak saat usia mungkin kurang dari 1 tahun. Biasanya laptop tersebut sering digunakan untuk bermain game dan lupa waktu.
    Nah sedikit tips bagi sobat yang sering bermain game agar baterainya awet dan tidak cepat soak. Tips 1 : Jangan pernah melepas baterai karena tegangan listrik yang tidak stabil dapat merusak hardware secara langsung.
    Tips 2 : Isi baterai sebelum kondisi kosong, bisa diisi saat sisa baterai antara 15-25%.
    Tips 3 : Saat baterai penuh, charger harus dilepas agar arus tidak mengendap pada baterai yang telah terisi penuh (Meskipun sedang bermain game).

  6. Processor
    Untuk hal ini sangat vital diantara yang lain, namun cukup mudah untuk merawatnya, diantaranya tidak memaksakan kinerja laptop dengan kerja keras atau sampai kepanasan. Jika laptop atau notebook tidak kuat menjalankan suatu program aplikasi atau software atau game yang berat hendaknya jangan sampai dipaksakan.

  7. Sistem Operasi
    Untuk merawat sistem operasi ada beberapa tips buat sobat. Diantaranya:
    1. Gunakan antivirus dan di update secara berkala. Karena virus tidak hanya menyerang software (OS) saja tetapi juga bisa menyerang hardware.
    2. Uninstal program yang tidak terpakai. Banyak program dapat mengakibatkan laptop menjadi lemot, untuk menghindarinya sebaiknya jangan memasang aplikasi yang tidak terpakai.
    3. Update OS. Jika OS sobat original atau opensource sebaiknya diupdate secara berkala, namun jika OS bajakan sebaiknya jangan diupdate. Hehehe
Demikian artikel mengenai Tips Merawat Laptop atau Notebook. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Tips Merawat Laptop atau Notebook"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...