Tips Merawat Harddisk yang Baik [Tips Isrul]

Ilmu Informatika : Tips Merawat Harddisk yang Baik [Tips Isrul]. Hardisk merupakan salah satu bagian terpenting pada komputer, selain bertugas untuk menampung sistem operasi agar komputer bisa berjalan dengan baik juga berfungsi menyimpan data-data penting pengguna komputer.
Pastinya kita tidak menginginkan jika data-data yang tersimpan tersebut hilang karena virus atau kerusakan pada hardisk.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips untuk merawat hardisk untuk mencegah kerusakan pada hardisk. Apa saja yang harus dilakukan untuk merawat hardisk?

Berikut adalah hal yang harus dilakukan supaya hardisk anda lebih awet.
1. Matikan komputer dengan benar
Menurut saya, teman-teman semua sudah tahu mengenai akibat jika tidak mematikan komputer atau laptop secara benar. Jika komputer dimatikan dengan benar maka akan terlebih dahulu menghentikan proses-proses yang sedang dijalankan baik program perangkat lunak (Software) maupun Hardware (komponen-komponen komputer) yang sedang bekerja.

Namun jika komputer mati mendadak, bisa dikarenakan listrik yang padam maupun dimatikan secara paksa yang selain mengakibatkan kerusakan pada hardisk bisa juga berakibat pada kerusakan hardware yang lain. Misalnya: RAM(Random Access Memory) atau yang paling parah adalah kerusakan Motherboardnya.
Boleh saja komputer di matikan secara paksa jika dalam keadaan yang benar-benar terpaksa. Misalnya: kondisi komputer hank atau tidak menanggapi yang diperintahkan oleh user atau pengguna. Namun resiko yang dihadapi sangat besar jika komputer sedang dalam kondisi kerja keras misalnya saja sedang ngegame, merender video, membuka banyak aplikasi, atau yang mengenai dengan kerja keras komputer yang berhubungan dengan penyimpanan (Hardisk) maka hardisk akan mudah rusak jika terjadi mati mendadak.

2. Hindari getaran
Ini seringkali terjadi pada laptop dan notebook. Kebanyakan orang seringkali memindahkan bahkan membawa berjalan laptop atau notebook dalam kondisi menyala. Memang hal yang kebanyakan orang menganggapnya sepele. Namun jangan salah, saat laptop dalam kondisi menyala piringan hardisk akan selalu berputar nah jika terjadi getaran dapat berakibat fatal.
Jika ingin memindahkan laptop saat bekerja lebih baik di sleep dulu agar kerja hardisk berhenti sejenak supaya aman.

3. Hindari guncangan atau benturan Kalau masalah ini kebanyakan orang sudah pada tahu karena kebanyakan hardisk memang tidak tahan terhadap goncangan dan benturan. Terlebih saat hardisk sedang dalam kondisi kerja. Musibah yang saya alami. Saat sedang merender video tiba-tiba laptop saya kejatuhan barang (handphone) di samping touchpad (tepat pada posisi hardisk) langsung rusak deh. Gak tanggung-tanggung rusaknya, rusak parah. sory curhat :-).

4. Jauhkan dari debu Hardisk juga sangat rentan terhadap debu, karena debu dapat menggores dan merusak piringan cakram pada hardisk. Nah untuk mencegahnya kawan-kawan sesekali harus membersihkan kipas laptop atau komputer, bagi temen-temen yang sering menggunakan laptop di atas kasur atau bantal sebaiknya jangan diteruskan karena kasur terdapat banyak debu yang dapat masuk melalui celah atau lubang kecil pada laptop.

5. Batasi partisi dan kapasitas hardisk
Nah untuk partisi dan kapasitas minimal hardisk ini belum ada standar maksimalnya.
Untuk partisi sebaiknya jangan lebih dari 3 partisi per 1 hardisk, berapapun ukurannya.
Untuk kapasitasnya jangan sampai terisi full, minimal tersedia ruang 5% dari kapasitas tiap partisi. Untuk windows biasanya kalau free space kurang dari 10% akan ada pemberitahuan dengan warna merah.

6. Istirahatkan saat temperatur panas
Mungkin yang ini sulit untuk diketahui oleh kebanyakan orang. Intinya jika menggunakan komputer dengan kerja keras pada hardisk sebaiknya jangan lama-lama.
Misalnya ngegame. Kawan-kawan jangan terlalu lama, maksimal 3-4 jam saja nanti bisa di istirahatkan terlebih dahulu.

Mungkin itu saja pengalaman yang bisa saya bagikan kepada kawan-kawan semua. Semoga tidak terjadi kerusakan pada hardisk kawan semua baik badsector maupun kerusakan total. :-)
Demikian artikel mengenai Tips Merawat Harddisk yang Baik [Tips Isrul]. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

1 Response to "Tips Merawat Harddisk yang Baik [Tips Isrul]"

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...