Cara Meningkatkan Traffic Pada Blog / Website

Ilmu Informatika : Cara Meningkatkan Traffic Pada Blog / Website. Halo kawan, kali ini saya akan berbagi cara meningkatkan traffic pengunjung blog atau website kita secara alami.
Sebelumnya saya mohon maaf sebenarnya saya juga masih newbie, tapi saya ingin berbagi nih yang harus dilakukan untuk mendapatkan traffik atau pengunjung blog. Hal-hal berikut juga yang sering saya lakukan sob. Berikut adalah hasilnya.
Meskipun belum seberapa gaes, maaf untuk histats baru saya pasang (Maret 2015) Sementara belum bisa ngasih lihat. Update (16 Juli 2015) berikut adalah grafik terbaru pada histats saya.
Bagi yang ingin mencobanya saya persilahkan untuk mengintip tips yang seorang newbi berikan.

Tapi sebelumnya terus kunjungi web saya ya sobat, diantaranya:
Berikut adalah point-point penting yang jangan sampai terlewatkan.
  1. Yang pertama nih, Jika sobat ingin mendapatkan traffik yang tinggi maka sobat harus memiliki artikel atau postingan yang berkualitas. Setidaknya juga artikel yang dibutuhkan oleh banyak orang. hehe
    Artikel yang berkualitas juga tidak hanya kata yang sedikit atau singkat. Minimal 150-200 kata ya sobat untuk postingan artikel, namun standarnya adalah 300 kata. Untuk tutorial yang disertai foto hendaknya juga dikasih keterangan tiap foto apa yang terjadi dan harus dilakukan. Gunakan juga kata yang sesuai KBBI (kurangi bahasa alay).

  2. Pada tiap postingan yang ingin dibuat, buat url yang mengandung kata kunci.
    Misalnya : www.isrul.com/2014/11/mengatasi-vga-nvidia-tidak-terdeteksi.html
    Dan hindari url yang susah di ingat.
    Misalnya : www.isrul.com?81293
    Nah disini url seperti halnya judul postingan, dan sekiranya juga menjadi keyword yang bakal dicari orang :-) Selain menjadi url juga memudahkan seseorang membuka didalam history.

  3. Daftarkan blog atau web sobat di Google Webmaster Tools (GWT). Ini adalah hal yang sangat penting sob. Jika kamu tidak daftarkan blog atau web kamu pada GWT maka otomatis tidak bakal terindex di Search Engine Google (Mungkin bisa tapi susah dan lama).
    Ibaratnya jika kita (blog) tidak daftar di sekolah A (SE Google), jika ada orang yang mencari biodata kita di sekolah A tersebut, maka orang tersebut tidak akan menemukan kita. :-)
    Cara mendaftar Google Webmaster Tools

  4. Daftarkan blog / website sobat di Bing Webmaster Tools juga, emang ada yang menggunakan search engine bing?
    Jangan salah sob, windows 8 dan windows 8.1 search engine default yang digunakan adalah Bing karena milik microsoft, jadi jangan sia-siakan kesempatan ini.
    Mendaftarkan blog di Bing Webmaster Tools

  5. Daftarkan juga blog di google analytic. www.google.com/analytics/

  6. Daftarkan juga blog sobat di feedburner. www.feedburner.com

  7. Gunakan template yang SEO friendly buat blog sobat.
    Kalo sobat menggunakan template blog dasar juga boleh sih sebenernya tapi kalo tampil di halaman utama google tampilannya pasti kurang sip, terlebih lagi untuk optimasi juga dibutuhkan waktu yang cukup lama.
    Berhubung sekarang ini banyak yang share template blog yang SEO friendly baik itu di dapat secara gratis (free) maupun yang berbayar (premium).
    Tentunya sobat tau dong bedanya yang free dan premium :-)
    Meskipun free tapi lumayan lho sudah ada fitur SEO meskipun terbatas, dan kalaupun berbayar juga tidak terlalu mahal yakni berkisar antara $4-$8.
    Kebanyakan temen-temen saya menggunakan template yang dibuat oleh mas sugeng karena cukup ringan. Temen-temen bisa mencarinya di google.

  8. Selanjutnya adalah backlink yang berkualitas.
    Namun sebelum anda membuat backlink terlebih dahulu anda pastikan postingan sudah banyak, minimal 15 artikel. Masa pengunjung banyak tapi gak ada postingan, ya otomatis pengunjung juga hanya bertahan sementara aja sob, gak lama langsung kabur karena hanya sedikit informasi atau artikel yang didapat.
    Backlink juga dibuat secara natural atau alami ya sob. Meskipun diluar sana banyak yang menawarkan jasa tanam atau pembuatan backlink kalo bisa di hindari saja, karena bisa jadi juga menggunakan bot atau robot, padahal google gak suka yang demikian, bukannya nanti keindex malah semakin tenggelam. Jadi harus yang alami saja ya sob. Sobat bisa mengunjungi link berikut. See - Cara Membuat Backlink yang Berkualitas.

  9. Blogwalking & komentar di niche atau topik yang sejenis.
    Kenapa harus sejenis, hal ini berfungsi atau bertujuan agar pengunjung di situs A bisa menemukan info yang sama atau lebih pada blog kita, selain itu juga bisa dibuat perbandingan artikel dan bisa saling mengisi kekurangan dari artikel yang kita kunjungi tersebut.
    Tentunya sobat harus berkomentar dulu dan berhubungan dengan isi artikel, tidak nyelonong aja nitip link atau url. Selain mendatangkan pengunjung itung-itung juga menambah atau menjalin tali silaturahmi dengan blogger lain. Hehehe

  10. Tinggalkan komen di blog dofollow dan nofollow.
    Apa sih maksut dari dofollow atau nofollow tersebut?
    Besok-besok saya posting lagi sob.

  11. Share artikel di sosial media.
    Selain membuat backlink dan blogwalking, sobat juga perlu share artikel atau postingan di sosial media, diantaranya yaitu facebook, twitter, google plus, dll.
    Hal ini merupakan cara paling ampuh dalam meningkatkan traffic tapi hanya bersifat sementara lho sob.
    Jika blog sobat masih pemula maka share terus postingan sobat di sosial media tersebut yang paling diandalkan adalah lewat facebook.
    Namun jika sudah ada adsense atau lainnya yang sangat sensitif jangan sekali-kali di share di facebook. Soalnya diantara banyaknya pengunjung, mungkin ada seseorang yang jail, iri atau gak suka dengan sobat atau gak suka dengan blog sobat. Mungkin lho ya.
    Sobat tetep bisa share di sosial media twitter dan google plus dibuat otomatis. Selain itu ada juga sosial media yang cukup menarik karena berisi orang-orang yang mencari informasi yaitu linked in.

  12. dan yang terakhir adalah yang sangat penting, yaitu keep posting dan berdoa :-)
Inilah penampakan dari usaha saya.

Oke mungkin sekian sedikit informasi yang bisa saya berikan kepada sobat dan kawan-kawan semoga bisa berhasil :-)
Demikian artikel mengenai Cara Meningkatkan Traffic Pada Blog / Website. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

8 Responses to "Cara Meningkatkan Traffic Pada Blog / Website"

  1. Trimakasih tutorialnya saya sudah melaksanakan sebagian... Tapi saya belum paham apa kah itu feed burner mohon bimbingannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibuka linknya gan untuk memperjelas. :-)
      Salah satu fungsinya adalah mempermudah pengunjung untuk berlangganan postingan dari blog kita.

      Delete
  2. hm.. sekiranya ini yang harus dituju sebagai blogger ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cuma dasar gan, tapi yang wajib dilakukan oleh blogger. hehe

      Delete
  3. mantap ini tipsnya gan,kebetulan sudah saya terapkan semua caranya :)

    ReplyDelete
  4. makasih mas sangat membantu bgai saya yang newbie

    ReplyDelete

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...