Sejarah Perkembangan Versi Sistem Operasi Android

Ilmu Informatika : Sejarah Perkembangan Versi Sistem Operasi Android.
Seperti yang kita ketahui, sistem operasi terus dikembangkan dari tahun ke tahun baik itu sistem operasi untuk komputer (Windows, Linux, MacOS, dll) maupun sistem operasi pada mobile device (Android, Blackberry, Iphone, dll).
Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai sejarah perkembangan versi android dari beta sampai sekarang yang resmi di rilis adalah android versi kitkat.
Keunikan dari nama sistem operasi (OS) android adalah dengan menggunakan nama makanan hidangan penutup(desert). Selain itu juga nama-nama OS android memiliki huruf awal yang berurutan sesuai abjad, contoh : Cupcake, Donut, Froyo, Gingerbread, HoneyComb, Ice Cream, Jelly Bean dan Kitkat.
Namun Randall Sarafa (Juru Bicara Google) enggan memberi tahu alasannya. Ia hanya menyatakan bahwa pemberian nama-nama ini merupakan hasil keputusan internal dan Google memilih tampil sedikit ajaib dengan hal ini.
1. Android Beta
Pertama kali dirilis pada 5 November 2007, kemudian pada tanggal 12 November 2007 SDK (Software Development Kit) dirilis oleh Google.

2. Android 1.0 Astro
Pertama kali dirilis pada 23 September 2008. Sebenarnya android versi ini akan dinamai dengan nama "Android Astro", namun karena alasan hak cipta dan trademark "Astro" maka nama tersebut tidak jadi disematkan di OS android versi pertama ini. HTC Dream adalah ponsel pertama yang menggunakan OS ini. (Silahkan dibaca postingan saya sebelumnya mengenai Sejarah Awal Mula OS Android.)

3. Android 1.1 Bender
Pertama kali dirilis pada 9 Februari 2009, versi android yang kedua ini juga mengalami masalah pada penamaan seperti masalah pada android sebelumnya. Pada awalnya android ini akan dinamai dengan nama "Bender", dengan alasan yang sama yaitu dianggap melanggar trademark, nama "Bender" tidak jadi disematkan pada versi android ini. Awalnya versi OS android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja. Versi ini merupakan update untuk memperbaiki beberapa bugs, mengganti API dan menambah beberapa fitur.

4. Android 1.5 Cupcake
Pertama kali dirilis pada 30 April 2009. Nah pada versi ini penamaan android menggunakan nama makanan pencuci mulut (Dessert), karena ini merupakan versi yang ketiga maka penamaan diawali dengan huruf alfabel "C" dan jadilah nama "Cupcake" menjadi nama resmi dari android versi ketiga ini. OS ini berbasiskan pada kernel Linux 2.6.27 dan menambahkan beberapa update serta UI baru dari versi android sebelumnya. Mulai terdapat widget yang dapat dibesar kecilkan. Kemudian ditambah kemampuanuntuk mengupload video dan gambar ke Youtube dan Picasa.

5. Android 1.6 Donut
Dirilis pertama kali pada 15 September 2009. Terdapat peningkatan pada fitur pencarian dan UI yang lebih user firendly. Pada versi ini juga sudah mendukung teknologi CDMA/EVDO,802.1x, VPNs. Kemudian support dengan resolusi layar WVGA.

6. Android 2.0/2.1 Eclair
Dirilis pertama kali pada 9 Desember 2009. Terjadi penambahan fitur untuk pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3.2 MP, digital zoom, dan Bluetooth 2.1. Beberapa versi updatenya antara lain Android v.2.0, kemudian Android v.2.0.2, dan yang terakhir Android v.2.1.

7. Android 2.2 Froyo (Froze Yoghurt)
Dirilis pertama kali pada 20 Mei 2010 pada Smartphone Google Nexus One. Pada versi ni sudah support terhadap Adobe flash player 10.1. Peningkatan pada kecepatan membuka dan menutup aplikasi, serta penggunaan SD Card sebagai tempat penyimpanan aplikasi. Ketika android froyo hadir mulai muncul banyak diskusi yang membahas mengenai persaingan android dan iOS yang akan semakin ketat persaingannya di masa yang akan datang. Beberapa versi update yang dirilis antara lain Android v.2.2.1 hingga Android v.2.2.3.

8. Android 2.3 Gingerbread
Pertama kali dikenalkan pada 6 Desember 2010. Terjadi banyak peningkatan pada versi android yang satu ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dirancang untuk memaksimalkan kemampuan aplikasi dan game. Serta mulai digunakannya Near Field Communication (NFC). Perbaikan terhadap dukungan resolusi layar WXGA dan diatasnya. Beberapa versi update yang dirilis antara lain v.2.3.3 hingga v.2.3.7. Sampai saat ini android gingerbread merupakan versi android yang memiliki pengguna terbanyak dibandingkan dengan seri android lainnya, yakni mencapai 65% dari seluruh versi android yang dirilis (Survey 2014).

9. Android 3.0/3.1 Honeycomb
Pertama kali diperkenalkan pada 22 Februari 2011 dan Motorola Xoom adalah yang pertama kali menggunakanny. Android versi ini merupakan OS yang didesain khusus untuk pengoptimalan penggunaan pada tablet PC.

10. Android 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich)
Pertama kali dirilis pada 19 Oktober 2011. Smartphone yang pertama kali menggunakan OS versi ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Secara teori semua perangkat seluler yang menggunakan versi android sebelumnya, Gingerbread dapat diupdate ke android ICS (Ice Cream Sandwich).

11. Android Versi 4.2 Jelly Bean
Android Jelly bean yang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan pula Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat di waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah mengetahui informasi cuaca, lalu lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, Yakni Google Nexus 4.

12. Android Versi 4.2 Jelly Bean
Fitur photo sphere untuk panorama, daydream sebagai screen saver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (pada tablet), widget terbaru, android 4.2 pertama kali dikenalkan melalui LG Google Nexus 4.

13. Android Kitkat
Google mengumumkan Android 4.4 KitKat (dinamai dengan izin dari Nestle dan Hershey) pada 3 September 2013, dengan tanggal rilis 31 Oktober 2013. Kitkat merupakan merk sebuah cokelat yang dikeluarkan Nestle. Rilis berikutnya setelah KitKat diperkirakan banyak pengamat akan diberi nomor 5.0 dan dinamai ‘Key Lime Pie’.

Sekian tadi merupakan ulasan mengenai cerita atau sejarah perkembangan versi Sistem Operasi pada Android. Semoga bisa menambah pengetahuan kita tentunya.
Oke sekian dulu ya sobat :)
Demikian artikel mengenai Sejarah Perkembangan Versi Sistem Operasi Android. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Sejarah Perkembangan Versi Sistem Operasi Android"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...