Sejarah Awal Mula Sistem Operasi Android

Ilmu Informatika : Sejarah Awal Mula Sistem Operasi Android. Selamat datang di blog sederhana saya, :)
Pada kesempatan kali ini saya akan mengupas atau membahas sedikit ulasan mengenai sejarah awal mulanya sistem operasi android di mobile device (telepon seluler). Seperti yang kita ketahui Android merupakan sebuah sistem operasi telepon seluler dan komputer tablet layar sentuh(touchscreen) yang berbasis linux.
Namun seiring perkembangannya android berubah menjadi platform yang begitu cepat dalam melakukan inovasi.
Hal ini tidak lepas dari pengembang utama dibelakangnya yaitu Google. Googlelah yang mengakuisisi android, kemudian membuatkan sebuah platform. Platform android terdiri dari sistem operasi berbasis linux, sebuah GUI (Graphics User Interface), sebuah web browser, dan aplikasi end user yang dapat di download dan juga para pengembang bisa dengan leluasa berkarya serta menciptakan aplikasi yang terbaik dan terbuka untuk digunakan oleh berbagai macam perangkat.



Sejarah Android Pada awal mulanya, Android Inc merupakan sebuah perusahaan kecil yang bergerak dibidang perangkat lunak (software) yang didirikan pada Oktober tahun 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh beberapa senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT dan Communication diantaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya.
Konsep yang dimiliki android Inc ternyata menggugah minat Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc di akuisisi oleh Google Inc, seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Banyak yang memperkirakan nilai atau pembelian android Inc oleh google adalah sebesar USD 50jt. Saat itu banyak yang berspekulasi bahwa "akuisisi ini adalah langkah awal yang dilakukan google untuk masuk ke pasar mobile phone". Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap di Android Inc yang dibeli oleh Google, sehingga akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google di sejarah Android. Saat itulah mereka menggunakan platform linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.

Saat ini ada dua jenis distributor sistem operasi didunia.
Yang pertama adalah yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Service (GMS), dan yang kedua adalah yang benar-benar besar distribusinya tanpa dukungan langsung dari Google atau lebih dikenal dengan Open Handset Distribution (OHD). Sistem operasi ini membuka pintu untuk para developer untuk mengembangkan software ini dengan Android SDK (Software Development Kit), yang menyediakan tool dan API yang dibutuhkan untuk memulai mengembangkan aplikasi pada platform android dengan menggunakan pemrograman Java.

Hal ini membuka kesempatan bagi para programmer open source untuk ikut terjun mengembangkan sistem operasi Android. Kemudian mulai bermunculan berbagai komunitas yang membangun dan berbagi sistem android berbasis firmware dengan sejumlah penyesuaian dan fitur-fitur tambahan, seperti FLAC lossless audio dan kemampuan untuk menyimpan download aplikasi pada MicroSD card. Mereka sering memperbaharui paket-paket firmware dan menggabungkan elemen-elemen fungsi android yang belum resmi diluncurkan dalam suatu firmware.

Pada bulan September 2007, Google mulai mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler. Disusul dengan dikenalkannya perangkat seluler android yang pertama pada tahun 2008, yaitu HTC Dream yang menggunakan android versi 1.0 (baca mengenai Perkembangan Versi Sistem Operasi Android).
Hadirnya HTC Dream telah mendorong perusahaan-perusahaan perangkat keras lainnya untuk ikut menggunakan sistem operasi android. Kemudian pada tahun 2008 terdapat beberapa perusahaan yang ikut bergabung dalam android Arm Holdings, yaitu Atheros Communications diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc.

Saat ini, sistem operasi android menjadi pilihan yang menguntungkan bagi banyak vendor smartphone, karena memiliki biaya lisensi yang lebih murah dan sifatnya yang semi-open source. Selain itu, android tentunya juga akan support dengan berbagai layanan dari google.

Samsung menjadi vendor android paling sukses setelah memperkenalkan handset androidnya yang diberi nama Samsung Galaxy. Dengan dukungan dari berbagai vendor smartphone saat ini, android telah berhasil menumbangkan Apple sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan. Android kini telah menguasai 59% penjualan smartphone dan tablet di dunia

Keterangan
1. Platform merupakan kombinasi antara sebuah arsitektur perangkat keras dengan sebuah kerangka kerja pada perangkat lunak (software dan aplikasi). Kombinasi tersebut memungkikan sebuah perangkat lunak, khusus perangkat lunak aplikasi dapat berjalan. Platform yang umum sudah menyertakan arsitektur, sistem operasi, bahasa pemrograman dan antarmuka yang terkait (pustaka sistem runtime atau antarmuka pengguna grafis) untuk komputer. Platform mungkin dapat didefinisikan secara sederhana sebagai tempat untuk menjalankan perangkat lunak.
2. Firmware adalah software yang berisi program atau data, yang tersimpan pada ROM (Read Only Memory) bawaan suatu perangkat. Firmware berguna untuk fungsi dasar dan juga fungsi lebih lainnya. Pada perangkat mobile, pada umumnya Firmware berguna untuk fungsi dan operasi dasar, yang mana bila tanpa Firmware perangkat mobile akan tidak berfungsi sama sekali.
Demikian artikel mengenai Sejarah Awal Mula Sistem Operasi Android. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Sejarah Awal Mula Sistem Operasi Android"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...