Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak / Software Engineering

Ilmu Informatika : Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak / Software Engineering. Selamat pagi kawan,
Kali ini saya akan membagikan sedikit materi perkuliahan mengenai Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak. Sedikit saja ya ucapan pengantar saya karena materinya cukup banyak :)
langsung saja....

Pengertian Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)
Istilah dari RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) secara umum telah di sepakati sebagai terjemahan atau artian dari istilah "Software Engineering". Istilah dari Software Engineering sendiri mulai dipopulerkan pada tahun 1968 pada Konferensi Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering Conference) yang diselenggarakan oleh NATO. Sebagian orang mengartikan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) hanya sebatas pada bagaimana cara membuat suatu program komputer. Padahal terdapat sebuah perbedaan yang mendasar antara perangkat lunak (software) dan program komputer.

Perangkat lunak (Software) adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses suatu informasi. Perangkat lunak bisa berupa prosedur atau program. Menurut (O’Brien, 1999) Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer sedangkan prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi.
Sedangkan Pengertian dari RPL adalah "Suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean/coding, pengujian/testing sampai pemeliharaan/maintenance sistem setelah digunakan".

Tujuan Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)
Secara umum tujuan dari RPL tidak berbeda dengan bidang rekayasa atau manajemen proyek yang lain. semua bidang rekayasa atau proyek akan selalu berusaha menghasilkan output atau keluaran atau hasil yang kinerjanya tinggi, biaya yang rendah dan tepat waktu dalam penyelesaiannya.
Sedangkan tujuan dari RPL adalah :
1. Mengeluarkan biaya produksi perangkat lunak yang rendah atau sedikit.
2. hasil perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, handal dan tepat waktu.
3. hasil perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform. (Apa itu platform? klik untuk membaca).
4. hasil perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah.

Ruang Lingkup Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)

Terdapat 10 ruang lingkup Software Engineering, yaitu:
1. Software requirements : yang berkaitan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
2. Software design : mencakup semua proses penentuan arsitektur, komponen, antarmuka/interface, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
3. Software construction : berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak. Termasuk algoritma/pengkodean, pengujian/testing, dan pencarian kesalahan.
4. Software testing : meliputi pengujian pada kinerja perangkat lunak secara keseluruhan.
5. Software maintenance : hubungan dengan segala upaya-upaya dalam perawatan, saat perangkat lunak tersebut telah mulai dioperasikan.
6. Software configuration management : berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi software atau perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
7. Software engineering management : berkaitan dengan pengelolaan dan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
8. Software engineering tools and methods : mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.
9. Software engineering process : berhubungan dengan implementasi, definisi, pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL.
10. dan Software quality : menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak.

Baca Juga : Tips Menjual Produk TI Agar Bernilai Mahal (Ala PT Gamatechno).
Demikian artikel mengenai Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak / Software Engineering. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

3 Responses to "Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak / Software Engineering"

  1. di dalam kuliah Tekhnik Informatika
    ada pilihan penjurusan program studi yaitu INFORMATIKA dan REKAYASA PERANGKAT LUNAK DAN DATA.
    antara ke 2 itu mana yg lebih mudah untuk di ambil?

    barangkali tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya menyarankan untuk memilih informatika, karena di dalam informatika terdapat 3 bidang ilmu yaitu pemrograman, jaringan (networking) dan multimedia yg selanjutnya tinggal kita ingin mndalami bidang apa yang kita sukai dan kuasai.
      Kalo rpl lebih cnderung pemrograman dan sejak awal sudah dipersiapkan di pemrograman.

      Delete
    2. Kalau di kampus saya yg Fakultas ilmu komputer yg Teknik informatika nya cenderung ke koding dan program sedangkan saya sendiri mengambil jurusan Sistem Informasi yg cenderung ke analisa dan analisis program tersebut secara mendalam dan detail ke akar permasalahannya...

      Delete

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...