Pengenalan, Sejarah dan Aplikasi WEB [Teknologi Web]

Ilmu Informatika : Pengenalan, Sejarah dan Aplikasi WEB [Teknologi Web]. Halo sobat, bertemu kembali dengan admin dan penulis :)
Sudah lama saya tidak update postingan blog ini karena sedang ada masalah dengan domain lama saya yaitu isrul.net sekarang sudah bermigrasi ke isrul.com jadi jika masih terdapat gangguan seperti kurang rapi atau loading yang masih lama harap dimaklumi ya sob.

Eh sampai keluar topik. hahaha
Kembali ke pembahasan, kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan yang saya dapat dari buku Pemrograman Web, Nah dari sini saya ingin belajar coding web. Namun, masih ada sedikit yang mengganjal.
Yap, betul sekali, saya belum mengerti web itu sebenarnya apa sih?
Meskipun sering didengar dan diucapkan namun masih bingung juga kan makna dari web itu sendiri.
Selain makna atau pengertian juga timbul pertanyaan, "Web itu sudah ada sejak kapan ya?"
bener gk sob? hehehe
Disini saya akan mengupas tuntas pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari kita belajar :)

A. Pengertian WEB

World Wide Wibe (WWW) atau yang biasa disebut dengan web, merupakan salah satu sumber daya Internet yang berkembang pesat. Informasi web didistribusikan melalui pendekatan hypertext, yang memungkinkan suatu teks pendek menjadi acuan untuk membuka dokumen yang lain. Dengan pendekatan hypertext ini seseorang dapat memperoleh informasi dengan meloncat dari suatu dokumen ke dokumen yang lain. Dokumen-dokumen yang diakses pun dapat tersebar di berbagai mesin (dalam hal ini komputer) dan bahkan di berbagai negara.

Bagaikan jaring laba-laba, jejaring web telah membentang ke seluruh penjuru dunia. Tidak hanya terbatas pada lembaga-lembaga penelitian yang ingin mempublikasikan hasil riset, web juga banyak digunakan oleh perusahaan bisnis yang ingin mengiklankan produknya atau untuk melakukan transaksi bisnisnya.

B. Sejarah Web

Adapun sejarah web itu sendiri dimulai pada bulan Maret tahun 1989 ketika Tim Berner-Lee yang bekerja di laboratorium Fisika Partikel Eropa atau yang dikenal dengan nama CERN ( Consei European pour la Recherce Nuclaire) yang berada di Genewa, Swiss.
Berner-Lee mengajukan protokol (suatu tatacara untuk berkomunikasi) sistem distribusi informasi internet yang digunakan untuk berbagi informasi diantara para fisikawan.
Protokol inilah yang selanjutnya dikenal sebagai protokol World Wide Web Consortium (W3C). Sebagaimana diketahui W3C adalah konsorsium dari sejumlah organisasi yang berkepentingan dalam pengembangan berbagai standar yang berkaitan dengan web.

C. Aplikasi Web

Pada awalnya aplikasi web dibangun hanya dengan menggunakan bahasa yang disebut HTML(HyperText Markup Language) dan protokol yang digunakan dinamakan HTTP (HyperText Transfer Protocol). Pada perkembangan berikutnya, sejumlah skrip dan objek dikembangkan untuk memperluas kemampuan HTML.
Pada saat sekarang ini banyak skrip seperti itu diantaranya : PHP dan ASP. Sedangkan contoh yang berupa objek yaitu Applet (Java).

Aplikasi web sendiri dapat dibagi menjadi:
a. Web statis
b. Web dinamis

Dengan memperluas kemampuan HTML, yakni dengan menggunakan perangkat lunak tambahan, perubahan informasi dalam halaman-halaman web dapat ditangani melalui perubahan data, bukan melalui perubahan program. Sebagai implementasinya, aplikasi web dapat dikoneksikan ke database. Dengan demikian perubahan informasi dapat dilakukan oleh operator atau yang bertanggung jawab terhadap kemutakhiran data, dan tidak menjadi tanggung jawab programmer atau webmaster.

Jadi, pengertian dari web dinamis adalah web yang kontennya berada di database, jika ingin mengubah konten atau isi suatu web maka yang dirubah cukup data pada databasenya bukan dengan membongkar program webnya, Sedangkan web statis adalah web yang konten atau isinya diletakkan bersamaan dengan coding atau kode-kode dalam membangun program website, jika ingin merubah isi atau konten maka juga harus membongkar program web tersebut.

Prinsip kerja pada pengaksesan dokumen web yang berbasis HTML adalah sebagai berikut :
1. Browser (digunakan oleh klien) meminta sebuah halaman ke suatu situs web melalui protokol HTTP.
2. Permintaan diterima oleh web server.
3. Web server segera mengirimkan dokumen HTML yang diminta browser (klien).
4.Browser pada klien segera menampilkan dokumen yang diterima berdasarkan kode-kode pemformat yang terdapat pada dokumen HTML.

Dengan menggunakan pendekatan web dinamis dimungkinkan untuk membentuk aplikasi berbasis web (Web-based Aplication). Sebagai contoh sistem informasi akademis berbasis web memungkinkan seorang mahasiswa melihat informasi nilai dari matakuliah yang sudah diambilnya dari luar kampus (dimana saja). Selain itu pada semester baru mahasiswa dapat menginputkan data KRS (Kartu Rencana Studi) melalui internet.

Catatan :

1. Pengertian web dinamis terkadang diartikan sebagai halaman yang dilengkapi dengan animasi gambar, selain dapat berinteraksi dengan database.
2. Web server adalah server yang melayani permintaan klien terhadap halaman web. Apache, IIS (Internet Information Server), dan Xitami merupakan contoh perangkat lunak web server.
3. Middleware adalah perangkat lunak yang bekerja sama dengan web server dan berfungsi menerjemahkan kode-kode tertentu, menjalankan kode-kode tersebut, dan memungkinkan berinteraksi dengan basis data. PHP, ASP, dan Perl adalah beberapa contoh Middleware.
4. Browser atau Web Browser adalah perangkat lunak atau aplikasi di sisi klien yang digunakan untuk mengakses informasi web, Misalnya Mozilla, Chrome, Internet Explorer, Safari, dll.

Oke Sekian sedikit postingan dari saya mengenai pengertian web, sejarah web dan aplikasi web.
Semoga bermanfaat ya :)
Demikian artikel mengenai Pengenalan, Sejarah dan Aplikasi WEB [Teknologi Web]. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Pengenalan, Sejarah dan Aplikasi WEB [Teknologi Web]"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...