Membuat Jaringan Hostspot Portable / Tethering Menggunakan Android

Ilmu Informatika : Membuat Jaringan Hostspot Portable / Tethering Menggunakan Android. Halo kawan selamat berjumpa kembali, kali ini saya akan membagikan tips mengenai fitur dalam gadget android anda. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang membuat jaringan hotspot portable pada hp android. HP android yang saya gunakan berikut ini adalah Len*vo dengan OS Jellybean, dan kemaren saya juga melihat di hp Sams*ng Galaxy Pocket (Gingerbread) juga terdapat fitur untuk membuat hotspot portable, nah untuk settingnya nih hampir sama.

Nih beberapa pertanyaan yang mungkin saja bisa muncul. :-) Kenapa menggunakan Hotspot Portable atau Tethering pada android? Nah salah satu alasan yang umum digunakan adalah untuk menghemat pengeluaran internet bulanan. Bayangkan jika anda memiliki gadget (lebih dari 2) yang memerlukan koneksi internet (misal : laptop, tablet, smartphone, dll). Jika gadget-gadget tersebut memiliki fasilitas wifi, apakah anda lebih memilih menggunakan modem (pada laptop/komputer).??

Nah dengan fitur yang dimiliki hp android ini, kita bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan koneksi secara bersama-sama. Yaitu dengan membagi jaringan internet pada hotspot portable atau tethering.
Selain itu, fungsi dari tethering atau hotspot portable ini juga dapat digunakan sebagai access point pengganti router (kapan-kapan saya bahas lagi deh hehe)

Membuat jaringan hotspot menggunakan android

Oke, berikut langkah-langkah untuk setting hotspot portable pada hp android:
1. Pertama-tama bukalah Menu -> Setting/ Setelan/ Pengaturan

2. Kemudian pada Nirkabel & Jaringan pilih Menambatkan & Hotspot Portable Jika pada Nirkabel & Jaringan tidak terdapat menu tersebut, maka pilihlah selengkapnya terlebih dahulu untuk di tampilkan menu yang lain.


3. Selanjutnya Hotspot WLAN diaktifkan, Untuk Penambatan bluetooth ini fungsinya untuk berbagi jaringan internet centang untuk berbagi internet. Namun jika digunakan untuk akses LAN pekerjaan antar komputer cukup hanya access pointnya saja maka aktifkan Hotspot WLAN saja sedangkan Penambatan bluetooth tidak perlu.



4. Kemudian ada lambang baru yang muncul di bagian atas, lihat gambar berikut:

  

Selanjutnya buka lambang/ icon tersebut dengan cara menggeser permukaan layar android dari atas ke bawah selanjutnya pilih Tethering (penambatan) <ini berfungsi untuk mengatur hotspotnya> Kemudian pilih Siapkan Hotspot WLAN.

5. Selanjutnya adalah mensetting hotspot portablenya,


SSID = nama jaringan
Keamanan pilih WPA2 PSK
Sandi = setting password untuk menyambung ke hotspot
Sambungan maksimum = pilih jumlah maksimum pengguna
Demikian artikel mengenai Membuat Jaringan Hostspot Portable / Tethering Menggunakan Android. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

2 Responses to "Membuat Jaringan Hostspot Portable / Tethering Menggunakan Android"

  1. Replies
    1. Gak ada yang perlu di download gan, langsung setting di androidnya.
      Silahkan komentar pada postingan yang dimaksud :)

      Delete

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...