Penelusuran Informasi dengan Advanced Search Yahoo!

Ilmu Informatika : Penelusuran Informasi dengan Advanced Search Yahoo!. Internet ibarat hutan liar yang tidak mudah untuk dilewati. Ketika kita mencari sesuatu yang kita butuhkan, terkadang hasil yang didapat tidak sesuai bahkan melenceng jauh dari pencarian. Nah, salah satu cara untuk mengatasinya dengan menggunakan fasilitas Advanced Search. fasilitas advanced Search dimiliki oleh berbagai search angine, bahkan pada katalog online perpustakaan-perpustakaan pun telah tersedia. Disini yang akan dibahas adalah Advanced Search milik Yahoo!.


Advanced Web Search Yahoo! diciptakan untuk mempermudah seseorang menemukan situs-situs yang memiliki kriteria lebih spesifik.  Pilihan yang dipilih akan menentukan ketepatan pencarian oleh Yahoo!. Advanced Web Search Yahoo! Dapat dilihat di alamat berikut http://search.yahoo.com/search/options.
Isikan form yang perlu diatur, semakin banyak melakukan pengaturan pencarian di Advance Search, maka hasil pencarian akan lebih spesifik dan tepat dengan topik yang dicari. Advanced Search Yahoo! Memiliki beberapa bagian, antara lain:

Show Results With : Yaitu area untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih akurat, kotak pengisian yang berisi perintah spesifik tentang kata yang dimasukkan dengan simbol-simbol.
a. All of these words: terdiri atas kata-kata yang Anda ketikkan pada kotak pencarian (basic search). Anda dapat memasukkan simbol “+” atau kata yang biasa digunakan ketika Anda menggunakan operasi Boolean “AND”.
b. At least one of the words: pencarian hasil untuk satu atau lebih huruf. Hal ini sama saja seperti Anda memasukkan operasi Boolean “OR” di antara dua buah kata.
c. The exact phrase: bagian ini berfungsi untuk melakukan pencarian sesuai dengan kata yang Anda masukkan. Sama seperti Anda memasukkan simbol tanda kutip (“…”) pada operasi Boolean.
d. None of these words: jika diartikan, tak ada satu pun dari kata-kata ini, yang lebih singkat dapat diartikan dengan “kecuali”. Hal ini sama dengan cara Anda menggunakan operasi Boolean menggunakan kata “NOT” di antara dua buah kata.

Updated : Merupakan batas situs yang ingin Anda tampilkan berdasarkan waktu pembaruannya. Dapat Anda pilih anytime (kapan pun), within the past 3 months (3 bulan terakhir), wirhin the past 6 month (6 bulan terakhir), within a year (1 tahun terakhir).

Site/Domain : Batasi pencarian Anda dengan akhiran domain yang lebih spesifik. Misalnya .com, .edu, serta .gov. Untuk membatasi lebih dari satu jenis akhiran, Anda dapat menekan radio button atas dan mengetikkan domain pada kotak teks yang tersedia, jangan lupa untuk memisahkan nama ekstensi domain tersebut dengan tanda koma. Anda dapat juga menuliskan nama web dengan detail, seperti yahoo.com. Gunanya untuk membatasi pencarian berdasarkan domain yang dipilih.
Pada bagian Site/Domain terdapat 6 pilihan, antara lain:
1. any domain (mencakup semua domain),
2. .com ( meliputi domain yang bersifat commersial),
3. .edu (mencakup domain yang berhubungan dengan pendidikan),
4. .gov (mencakup domain yang berhubungan dengan pemerintahan),
5. .org ( mencakup domain yang berhunbungan dengan suatu lembaga atau perusahaan), dan
6. only search in this site/domain (mengetikkan domain yang diinginkan yang tidak tercantum)

File Format : Gunanya untuk memilih format yang digunakan dalampencarian. Format tersebut meliputi: HTML(.html, .htm),Adobe PDF (.pdf), Microsoft Excel (.xls), Microsoft PowerPoint (.ppt), Microsotf Word (.doc), RSS/XML (.xml), Text Format (.txt), atau memilih All format untuk penelusuran yang lebis luas.

Safe Search Filter : Gunanya untuk menyaring pencarian dari kontent kekerasan dan porsi dewasa dengan 3 pilihan, yaitu:
1. Strict : menyaring pencarian ari kontent kekerasan dan porsi dewasa dengan ketat.
2. Moderate : menyaring pencarian ari kontent kekerasan dan porsi dewasa hanya sebagian.
3. Off : tiak melakukan penyaringan dari kontent kekerasan dan porsi dewasa.

Country : Pada bagian ini, Anda dapat menentukan wilayah pencarian berdasarkan negara yang Anda kehendaki. “Any country” berfungsi untuk melakukan pencarian di semua negara yang mampu dijelajahi oleh Yahoo!

Languages : Anda dapat memilih hasil pencarian hanya menampilkan bahasa yang dipilih saja. Untuk semua bahasa, Anda dapat menekan radio button any language. Anda dapat men-save setting bahasa untuk pencarian web Anda dengan melakukan pengaturan pada “Preferences”.

Number of Results : Secara normal (default), pencarian menggunakan Yahoo! akan menampilkan hasil pencarian sebanyak 20 hasil pencarian per halaman web. Anda bisa menampilkan lebih banyak atau lebih sedikit pencarian yang ingin Anda tampilkan per halaman. Anda dapat menentukan jumlah hasil  pencarian antara 10 sampai 100hasil pencarian per halaman. Anda dapat men-setting mode ini pada bagian “Preferences”.

Demikian bagian-bagian yang dimilki oleh Advanced Search yahoo!, semakin anda membatasi pencarian, maka semakin akurat pula informasi yang anda butuhkan. Gunakan informasi dengan bijak, dan selamatkan waktu anda agar tidak terjebak dengan informasi yang tidak anda butuhkan.semoga coretan ini bermanfaat bagi kawan kawan sekalian. :-)
Demikian artikel mengenai Penelusuran Informasi dengan Advanced Search Yahoo!. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

0 Response to "Penelusuran Informasi dengan Advanced Search Yahoo!"

Post a Comment

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...