Contoh Resensi Novel - Maya Maia

Ilmu Informatika : Contoh Resensi Novel - Maya Maia.


DESKRIPSI BUKU

Judul : Maya Maia
Pengarang : Devania Annesya
Terbitan : PlotPoint, Jakarta
Cetakan : Pertama, Juli 2013
Tebal : viii, 252 hlm.
Harga : Rp.20.000,-
ISBN : 978-602-9481-50-1

1. PENDAHULUAN

Devania Annesya merupakan seorang penulis novel Maya Maia terbitan PlotPoint. Beliau berumur 23 tahun menjadi pegawai swasta di salah satu perusahaan perbankan (tidak disebutkan nama perusahaanny).
Baginya menulis adalah cinta pertamanya. Devania gemar menulis sejak duduk di bangku SMA dan memberanikan diri untuk mengirimkan hasil karyanya di penerbit-penerbit buku nasional.

Jalan penulis untuk sampai sejauh ini tidak mulus, banyak rintangan yang dihadapi penulis, seperti penolakan diberbagai penerbit, namun dengan kegigihan penulis untuk terus menyalurkan bakatnya, ahirnya mampu menembus pasar perbukuan. Selain menulis novel Maya Maia, sebelumnya beliau juga menerbitkan buku yang berjudul Ubur-ubur Kabur (Sheila, Penerbit Andi, Yogya, 2011), dan 3 antologi diantaranya Scary Moment (Indic Publishing, 2012), #FIKSI 140: Kumpulan fiksi mini @facebook (KosaKata, 2b012) dan Ketika Binatang Bicara Cinta (Ae Publishing, 2012).

2. ULASAN BUKU

Maya dan Maia merupakan dua nama gadis yang sangat berbeda,mulai dari penampilan, karakter, gaya hidup bahkan taraf sosial yang sangat berkebalikan. Namun, siapa sangka jika kebetulan yang menjadikan mereka mampu memerankan kehidupan satu sama lain.

Maya merupakan gadis elit mengenyam perkuliahan di London (Inggris) yang akhirnya dipulangkan orang tuanya ke Jakarta karena hidupnya yang foya-foya dan tidak kunjung lulus, padahal sudah melampaui target yang ditentukan. Rencana dari orang tua Maya,tante delia dan om Rahardika adalah menjodohkannya dengan Jonathan, putra dari tante Shopie.

Maia adalah sesosok kembang desa di kampunganya. Ia tinggal disebuah daerah, Tulungangung namanya. Maia hanya tinggal dengan neneknya setelah kepergian kedua orang tuanya. Nenek menyuruh maia pergi ke jakarta untuk bekerja dengan Jodi (Jojo).

Kebetulan Maya dan Maia sampai di jakarta pada tempat dan waktu yang bersamaan. Dan saat itulah mereka dijemput oleh Jodi dan Jonatahan (Nathan). Ketik Maya keluar dari kereta, ia menemukan lelaki yang berantakan, acak-acakan dan gondrong menghampiri dia. Maya tidak menyangka kalau lelaki yang dijodohkan mamanya buat dia adalah lelaki yang sangat berantakan. Sebaliknya dengan Maia, setelah ia sampai stasiun, tiba-tiba semua barangnya raib dibawa pencuri karena ia tertidur dikursi stasiun. Disitulah ia bertemu Jonathan yang mengetahuinya dari speaker pengumuman perihal namanya. Jonathan langsung membawanya ke apartemen milik keluarga Rahardika. Dari situlah pertukaran kehidupan dimulai.

Singkat cerita, Maya dan Maia menyelami kehidupan satu sama lain. Maya yang biasanya hidup dengan kemewahan, harus bekerja keras menjadi SPG di tempat reparasi komputernya Jojo. Sedangkan Maia yang niatnya merantau dari kampung halaman untuk bekerja, namun malah mendapatkan fasilitas mewah.

Berjalannya waktu mereka saling mengenal kehidupan satu sama lain. Maya yang awalnya hidup mewah, ahirnya sadar ketika belajar dari kehidupan Jojo. Jojo tinggal bersama adiknya putri namanya. Mereka sudah lama hidup mandiri tanpa orang tua. Ibunya meninggal dan ayahnya meniggalkan mereka entah kemana. Jojo sejak lulus SMA menghidupi adiknya dan membiayai sekolahnya. Dari situlah Maya mulai tergugah hatinya untuk tidak menyia-nyiakan orang tuanya, karena seburuk apapun orang tua adalah mereka yang selalu sayang kepada anaknya. Maia merupakan gadis rajin, lembut dan baik. Ia tidak bisa hanya diam di apartement. Pada suatu ketika ia meminta pekerjaan kepada Jonathan,kemudian Nathan memberikan pekerjaan kepadanya bagian administrasi di perusahaan Toserba (Toko Serba Ada) miliknnya. Selain rajin, Maia juga pandai memasak. Karena masakannya, jonathan mulai merasa senang dengan Maia. Walaupun sebenarnya Nathan belum bisa melupakan Denisyah. Ia adalah pacar Nathan sebelum dia menikah dengan laki-laki pilihan orang tuanya. Namun lambat laun Nathan sudah sanggup melupakan Denisya dan menumbuhkan perasaan kepada Maia.

Semuanya mengetahui pertukaran kehidupan tersebut. Maya, Maia, Jojo, Nathan dan orang tua mereka. Namun apa daya, mereka telah mengalami kenyamanan dengan tipuan tersebut. Maya telah jatuh cinta dengan Jojo dan Maia mencintai Nathan. Ahirnya perjodohan antara Maya dan Nathan dibatalkan, dan mereka mendapatkan pilihan hatinya masing-masing tanpa ikut campur tangan orang tua.

3. BAGIAN YANG MENARIK

Setiap orang ketika memilih buku hal yang diutamakan adalah judul,cover dan sinopsisnya, begitu pula dengan saya. Ketika saya menemukan novel Maya Maia,pertama-tama yang dilihat adalah judul. “Maya Maia”... saya berfikir pasti alur ceritanya tentang kesalahan ejaan nama sesorang yang sebenarnya Maya tapi salah menjadi Maia. Kemudian sanya mencoba lihat pada bagian covernya. Cover yang terlihat unik, warna putih dengan gambar empat tokoh yang terlihat saling bersinergi. Dalam benak saya ketika melihat desain cover pasti isi novel bercerita tentang 4 sahabat, tapi setelah saya lihat sinopsisnya sangat berbeda dengan apa yang saya fikirkan. Novel tersebut bercerita tentang sebuah kebetulan. Pada ahir kalimat sinopsis tertulis “percayakah kamu dengan kebetula?”. Kalimat tersebut menuntun saya untuk penasaran untuk mengetahui isi novel tersebut.

Bagian cerita yang bikin ngakak ketika terjadi diskoneksi antara Mama Delia dan Maya. Mama Delia memang pandai mengelola bisnisnya, namun suka tidak nyambung ketika berbicara dengan seseorang. Ketika membaca pada bagian ini pasti ketawa dengan kelucuan Mama Delia.

Maya: Ma! Kok, Bisa sih, Mama ngejodohin aku sama kain pel?
Mama: Kain pel? Kamu lagi ngepel disana?anak mama rajin amat,sih.
Maya: Mamaaaa! Maksud mai, yang namanya jojo itu mukanya kaya kain pel!!!
Mama: Ah ngawur kamu! Bocak Nggantenge koyo ngono?!
Maya: Ganteng dari Hongkong?
Mama : hah?! Jadi kamu ngabisin duit mama di hongkong???

4. GAYA BAHASA PENULIS

Bahasa yang digunakan dalam buku ini sangatlah ringan, karena didalamnya mengisahkan cerita anak muda modern dan pastinya bahasanya gaul ala anak muda. Perpaduan antara bahasa indonesia, bahasa gaul, Bahasa Inggris serta Bahasa Jawa. Bahasa yang ringan seperti ini memudahkan pembaca tidak berfikir dua kali dalam memahami kandungan isi novel.

5. KEUNGGULAN

Novel yang begitu sempurna sebagai teman tertawa, selain bahasanya yang ringan juga karakteristik para tokoh yang kocak. Memiliki alur cerita yang rapi dan runtut, tidak terpencar-pencar sehingga dengan mudah pembaca memahami ceritanya. Membaca novel ini tidak dibutuhkan waktu behari-hari, cukup sekali duduk novel ini akan khatam dibaca. Hal itu terjadi karena ceritanya yang menggugah rasa penasaran pembaca untuk mengetahui ending ceritanya.

Dari segi tampilan, novel Maya Maia memiliki ukuran dan ketebalan buku yang sesuai. Jika buku terlalu lebar dan tebal, tidak akan menarik perhatian bagi pembaca, terutama orang yang tidak gemar membaca. Dengan ukuran yang seperti itu akan mampu menarik perhatian dari semua lapisan. Selain itu juga harga yang ekonomis.

6. KELEMAHAN

Meskipun buku ini terlihat perfect, namun pasti ada kelemahannya yaitu kurangnya promosi dari pihak penerbit maupun distributor. Ketika saya mencari-cari buku, buku novel Maya Maia terletak pada troli yang tertumpuk-tumpuk buku lain dengan lapisan plastik sobek kesana kemari. Hal itu sangat disayangkan karena kurangnya perhatian dari pihak-pihak yang bersangkutan. Walaupun harga yang tidak terlalu tinggi, tidak semestinya novel ini diletakkan di troli layaknya buku yang sudak kadaluarsa. Padahal novel ini baru terbit pada bulan April 2013.

7. PENUTUP

Percayakah kamu dengan kebetulan? Kalimat itu sebuah pertanyaan yang perlu ditelisik yaitu dengan mengetahui isi ceritanya (membaca). Namun, dalam kehidupan nyata begitu jarang bahkan sulit ditemui kisah yang semacam itu. Kembali lagi dengan hukum Tuhan, Kita yang usaha dan Allah yang menentukan. Kebetulan tidak akan terjadi tanpa seijin Allah. Jadi, kebetulan hanya istilah bagi umat manusia, namun sudah terskenario oleh Tuhan.

Dalam resensi ini, penyusun mengupas dalam tentang novel Maya Maia. Semoga bermanfaat dan mampu memberikan pelajaran yang bermakna.
Author : Isna Husna Afia
Demikian artikel mengenai Contoh Resensi Novel - Maya Maia. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Nikmati Jasa & Layanan yang ada di www.isrul.com, diantaranya:
1. Jasa Pembuatan dan Verifikasi Akun Paypal dengan VCC (Valid 2 atau 3 Tahun)
2. Jual Akun Adsense Non Hosted Indonesia (0899-5832-699)
3. Penulis Tamu di Isrul.com

4 Responses to "Contoh Resensi Novel - Maya Maia"

  1. makasih yaaa sudah riview, ayo novel saya yang lainnya diriview juga :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama kak, merasa terhibur dengan novel yang kak Annesya buat. hehe
      makasih juga sudah berkunjung ya kak
      :)

      Delete

Jika anda bertanya, jangan lupa mencentang "Notify Me" di bagian kanan bawah, agar mendapat pemberitahuan jika pertanyaan anda telah kami jawab.
Terimakasih telah menyempatkan waktu berkomentar...